Komputer Tertua di Dunia Dihidupkan Lagi


UNITED KINGDOM - Komputer tertua di dunia, The Harwell Dekatron, telah dihidupkan kembali setelah lima belas tahun masa dormansi. Komputer ukuran raksasa tersebut diaktifkan pada upacara yang diadakan di National Museum of Computing (TNMOC) di Buckinghamshire, United Kingdom (UK). 

Hardware-nya yang juga dikenal dengan istilah WITCH (the Wolverhampton Instrument for Teaching Computation from Harwell) memiliki bobot sekitar 2,5 ton. 

Komputer tersebut dibuat pada tahun 1949 dengan tujuan untuk merumuskan perhitungan matematis, dengan siklus operasi yang dimulai sejak tahun 1951.

Pada akhirnya, komputer itu ditempatkan di lokasi penyimpanan pada tahun 1997 namun ditemukan kembali oleh Kevin Murrell dari TNMOC. 

Proses pemulihannya memakan waktu tiga tahun, karena banyak komponen yang dibutuhkan untuk menghidupkan kembali Harwell, sementara komponen-komponen itu sudah tidak tersedia.

"Restorasi ini sangat menantang, menuntut penggunaan komponen seperti katup, relay, dan pembaca pita kertas yang jarang terlihat lagi hari ini dan tentu tidak ditemukan di komputer modern," kata Ketua Relawan TNMOC, Delwyn Holroyd.

SUMBER: ITPROPORTAL.COM


Post a Comment