Menkes: Banyak Orang Indonesia Berobat ke Luar Negeri

Jakarta-WAWASANews.com
Pelayanan di rumah sakit harus dilaksanakan sesuai standar pelayanan minimal rumah sakit, standar profesi, dan standard operating procedure atau SOP. Akreditasi rumah sakit sangat penting untuk menilai apakah pelayanan suatu rumah sakit telah sesuai  standar  atau belum. Demikian disampaikan Menteri Kesehatan RI, dr. Nafsiah Mboi, SpA. MPH, saat meresmikan rumah sakit Bethsaida Serpong, Tangerang, pada Rabu, 12 Desember 2012, kemarin.
Guna meningkatkan dan mengembangkan pelayanan rumah sakit  yang  optimal  dan  bermutu, maka, self assessment, peningkatan etos kerja, dan peningkatan keselamatan pasien sebagaimana diamanatkan oleh Undang-Undang No. 44 Tahun 2009, tentang Rumah Sakit harus mendapat perhatian sungguh-sungguh di rumah sakit ini,” kata Mboi.
Selain meningkatkan kualitas pelayanan rumah sakit di Tanah Air agar bertaraf internasional, menjawab tantangan dan menyikapi  masih  banyaknya orang Indonesia yang berobat ke luar negeri, kata Menkes Mboi, pemerintah sedang melakukan upaya pengembangan wisata kesehatan atau health tourism di Indonesia, seperti kegiatan pariwisata yang diintegrasikan dengan akses pelayanan kesehatan, baik untuk berobat maupun untuk medical check up.   
Mboi, dalam berita pers yang dikirimkan kepada WAWASANews, juga berpesan agar rumah sakit selalu membuka pintunya untuk melayani seluruh lapisan masyarakat, termasuk masyarakat miskin dan tidak mampu. Selain itu juga, aspek promotif-preventif hendaknya dapat diberikan porsi yang bermakna dalam pelayanan rumah sakit.
Pelayanan rumah sakit yang diinginkan masyarakat adalah pelayanan rumah sakit profesional, bermutu, ramah, santun, simpatik, komunikatif,  dan penuh empati,” ujarnya.
           Menkes juga mengimbau kepada rumah sakit kalangan swasta untuk mendukung pelaksanaan Sistem Jaminan Sosial Nasional Bidang Kesehatan dengan menambah jumlah tempat tidur kelas III dan dapat menerima pasien peserta jaminan kesehatan, dengan tetap memberikan pelayanan yang terbaik kepada pasien. (Agus/Murti Utami MPH)

1 Response to "Menkes: Banyak Orang Indonesia Berobat ke Luar Negeri"

  1. Tak perlu ke luar negeri. Indonesia itu kaya tanaman obat. Salah satunya www.manfaatbawangdayak.com

    ReplyDelete