JK Jadi Tokoh Pilihan SPS 2012

Yogyakarta-Wawasannews.com
Serikat Perusahaan Pers (SPS) gelar agenda Indonesia Public Relation Summit 2012 dengan mengangkat tema “The Global Challage and Opportunity in Managing Sustainable Reputation”, yang diadakan di Hotel Inna Garuda, Yogyakarta, Sabtu (14/12).
Dalam kesempatan itu, Jusuf Kalla mendapatkan anugerah kepercayaan sebagai salah satu tokoh pilihan SPS 2012. Kalla yang menjabat sebagai Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) dan aktif di Dewan Masjid Indonesia memberikan pidato singkat tentang “Kepemimpinan Otentik untuk Indonesia Lebih Baik”.
Kalla menyatakan bahwa seorang pemimpin harus mempunyai cita-cita agar terbentuk sebuah ide bersama. “Dalam cita-cita tersebut ada tujuan dan pelaksanaan dari sebuah ide,” ungkapnya. Selain adanya sebuah ide, kata Mantan Wapres itu, terdapat pengawasan dan tanggung jawab dari seorang pemimpin. Pemimpin bertugas mempengaruhi yang dipimpin dan menjadi pusat tanggung jawab.
Menurut Kalla, terdapat tiga unsur yang menjadi tanggung jawab seorang pemimpin, yaitu memberikan perintah, mengizinkan bawahan untuk melakukan pekerjaan, dan terdapat aturan bersama untuk ditaati dan dijalankan. Apabila sistem ini berjalan dengan baik, kepemimpinan akan menjadi sebuah sistem organisasi yang bisa berjalan dengan baik.
Pidato Kalla menjadi pamungkas dari acara SPS. Sebelumnya, SPS memberikan penghargaan dalam pelbagai kategori, diantaranya penghargaan kepada Sahabat Pers SPS 2012, Institusi Publik Pilihan 2012, Korporasi Pilihan 2012, Tokoh Publik Pilihan 2012, Indonesian Student Print Media Award 2012, dan juga Kompetisi Lomba Debat tentang Badan Usaha Milik Negara (BUMN). (Zulfa)


Post a Comment