Panwaslu Banyumas: Pemilih Harus Cerdas!


Purwokerto-WAWASANews.com
Ketua Panwaslu Kabupaten Banyumas, Drs. Gunawan Sujanmadi mengatakan, pada dasarnya pemilu adalah memilih calon pelayan untuk masyarakat. Hakikat pemilu, adalah memilih calon pelayan, bukan calon raja. Pelayan yang akan mengabdi dan melayani masyarakat selama 5 tahun.
Hal itu disampaikan Gunawan dalam acara pelantikan pengurus Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Purwokerto dan diskusi publik dengan tema pemilih cerdas, melahirkan pemimpin yang berkualitas, di Kelurahan Sokanegara, Kecamatan Purwokerto Utara, Kabupaten Banyumas, Sabtu (15/12).
Dia menjelaskan, untuk merubah pemikiran masyarakat memang tidaklah mudah. Hal ini dikarenakan masyarakat Banyumas sendiri yang belum sadar bahwa dirinya adalah seorang tuan. Menurut Gunawan, adanya kesenjangan ekonomi antara pemilih dan yang dipilih semakin tidak menyadarkan masyarakat.
HMI sebagai organisasi mahasiswa yang independen mempunyai fungsi yang strategis dalam mengawal jalannya pemilu Banyumas. Termasuk dalam upaya penyadaran masyarakat. “Mahasiswa harus mampu mengedukasi masyarakat, bahwa si tuan akan menyeleksi pelayan untuk 5 tahun ke depan,” kata Gunawan kepada WAWASANews.
Hal senada juga disampaikan oleh pengamat politik Kabupaten Banyumas, Ahmad Sabiq. Dosen Universitas Jenderal Sudirman ini mengatakan, peran mahasiswa bukan menjadi tim sukses, tapi untuk mengawal pemilukada supaya berkualitas dan bermakna. (Aan)

Post a Comment