Merayakan Maulid dengan Seni

Sumenep-WAWASANews.com
Banyak cara dalam memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW. Seperti yang biasa dilakukan di masyarakat; berkumpul dalam satu majlis dan membaca sholawat bersama-sama. Ada juga yang mempertingati kelahiran Nabi dengan mengadakan pengajian akbar, lomba musik tradisional seperi rebana dan lainnya.
Namun, hal berbeda ditemui di Yayasan Mashlahatul Hidayah Errabu Bluto, Sumenep, Madura. Dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad, sejumlah siswa yang tergabung dalam kelompok kesenian, Unit Kegiatan Sekolah (UKS) Sanggar Musafir, melakukan arak-arakan di sepanjang jalan Desa Errabu menuju yayasan, Senin (28/01).
Dimulai dari pintu gerbang yang berjarak sekitar 300 meter dari yayasan, peserta yang berjumlah 30 orang itu berjalan menuju halaman Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Madrasah Aliyah (MA) Mashlahatul Hidayah.
Di sepanjang jalan, mereka menggelar atraksi berupa lantunan musik tradisional dengan diikuti shalawat kepada nabi secara bersama-sama. Dalam kesempatan itu juga, sebanyak 6 orang dari anggota sanggar membacakan puisi berupa junjungan dan pujian kepada nabi. seperti “Surat untuk Rasulullah”  karangan budayawan nasional D. Zawawi Imron.
“Peringatan maulid nabi ini dalam rangka mengatasi kejenuhan dengan peringatan maulid di masyarakat yang cenderung selalu monoton,” kata Suaidi, pendamping UKS Sanggar Musafir.
Suaidi juga berharap acara tersebut dapat meningkatkan kreatifitas peserta dalam dunia seni. “Saya harap kreatifitas peserta sanggar bisa meningkat,” katanya. (Arifin)

0 Response to "Merayakan Maulid dengan Seni"

Post a Comment