Menjadi Gitaris Handal Tanpa Mahal

Oleh Moh. Romadlon

Judul buku  : Super Mudah Belajar Gitar Akustik dan Clasik
Penulis       : Deni Primadona
Penerbit     : FlasBooks
Cetakan     : I, November 2012
ISBN          : 978-602-7724-13-6

Gitar merupakan alat musik yang paling banyak diminati dan dikuasai. Lantaran alat musik ini selain mudah juga relatif paling murah serta dapat dimainkan dalam segala situasi. Dari kumpul santai sampai acara-acara yang bisa dibilang resmi, gitar selalu asyik untuk dimainkan, bahkan bisa menjadi sahabat baik saat Anda merasa sendiri.
Meskipun begitu, untuk menjadi gitaris handal yang profesional dan dapat income dari gitar, tentu  kita harus belajar, mengenal dan menguasai teori dan praktik memetik gitar dengan benar. Persoalannya, untuk menjadi profesional tentu wajib berguru pada orang yang profesional di bidang tersebut dan itu butuh modal tak sedikit. Nah, kehadiran buku ini mencoba mengatasi persoalan tersebut.
Buku ini mengulas secara praktis-aplikatif praktek memainkan gitar akustik atau sering disebut gitar bolong, sehingga mudah dipahami dan dapat dikuasai secara otodidak.
Ada dua konsep permainan berbeda yang akan disajikan di sini, yakni konsep pemainan gitar akustik pop dan permainan konsep akustik klasik. Dengan konsep akustik pop, Anda nantinya akan mampu memainkan lagu dengan strumming (genjrang-genjreng). Sementara dengan akustik klasik, Anda akan mampu memainkan lagu dengan petikan jari. Tentu poin akhirnya adalah kemampuan untuk memadukan dua konsep tersebut dalam satu permainan, yakni memainkan lagu pop dengan petikan jari.
Pembahasan buku ini terbagi dalam 9 bab. Pertama mengulas teori dasar gitar. Pada bagian ini, Anda akan dikenalkan bagaimana memainkan gitar dengan benar. Dengan menguasai konsep permainan gitar yang praktis dan aplikatif, memudahkan Anda untuk mengaplikasikan teori-teori musik yang dibahas di bab-bab berikut.
Namun itu semua menjadi sangat sulit bila Anda belum begitu  paham tentang gitar dan seluk beluknya yang meliputi jenis gitar, macam senar, cara memetik, menyetem (tuning), dan juga merawat gitar. (hlm. 12-22).
Bab kedua membahas tentang cara membaca musik. Membaca musik di sini adalah membaca simbol-simbol bermain musik yang terbentuk dari ritmis dan nada. Ada dua cara yang disodorkan dan dibahas tuntas buku ini dalam membaca musik, yakni dengan not dan tablature. Cara terakhir inilah yang cenderung digunakan pada permainan gitar, karena sangat membantu dalam proses belajar dan dalam memainkan gitar.
Selain belajar teori musik, hal lain yang membosankan dari proses belajar gitar adalah penjarian, karena untuk mencapai hasil maksimal hal tersebut harus dilakukan berulang-ulang. Maka jangan pernah bosan melakukan latihan penjarian, sekalipun Anda sudah mahir memainkan gitar. Nah, latihan penjarian inilah yang menjadi pokok pembahasan pada bab ketiga.
Untuk dapat melakukan penjarian dengan baik, terlebih dahulu harus menguasai penyimbolan posisi penjarian. Posisi penjarian ditunjukkan dengan angka-angka yang mewakili jari-jari tangan kiri, seperti 1; telunjuk, 2; jari tengah, 3; jari manis, dan 4; kelingking. (hal.30).
Setelah Anda belajar pejarian, pada bab keempat diulas panjang lebar proses berikutnya yang harus dilatih, yakni kemampuan ritmis atau disebut juga ketukan. Sering, latihan ini dianggap remeh. Namun, kemampuan ritmis menjadi sangat penting saat harus bermain dalam satu group. Tanpa menguasai permainan ritmis dengan baik, maka permainannya tidak akan kompak. Satu saja dari anggota group yang kurang menguasai ritmis, dipastikan keseluruhan tidak enak didengar.
Pada awal buku ini telah dibahas cara membaca notasi. Namun, belum dibahas apa itu nada dan bagaimana menyusunnya. Pada bab lima  inilah Anda disajikan kupasan lengkap tentang tangga nada, mulai dari pengertian, penyusunan, hingga penerapannya. Sehingga Anda mempunyai kemampuan dasar musikal yang bagus. Sebab, pada dasarnya, kemampuan ritmis dan tangga nada merupakan pondasi kemampuan dasar musikal yang harus dimiliki tiap musisi. (hlm. 63).
Masih banyak pembahasan penting lainnya yang diulas di buku ini, yang semuanya benar-benar akan menyulap Anda menjadi gitaris handal, seperti latihan petikan dan strumming. Setelah mempelajari dan menguasai seluruh unsur untuk dapat memainkan konsep akustik pop dengan strumming dan memainkan konsep akustik klasik dengan petikan, serta gabungan keduanya, pada bagian akhir buku ini disajikan banyak latihan yang bisa digunakan sebagai acuan memperdalam dan mengasah kemampuan Anda.
Akhirnya, Anda sendirilah yang menentukan kualitas permainan gitar Anda. Maka lakukan latihan sesering mungkin agar kian terasah insting bermain musik Anda, khususnya bermain gitar. Namun perlu diingat, gitar hanya sekedar permainan, se-asyik apapun dan se-profesional apa pun Anda, hendaknya jangan sampai permainan ini melalaikan tugas pokok sebagai hamba yang nantinya hanya akan merugikan diri sendiri. Selamat berlatih!

Moh. Romadlon, penikmat buku, tinggal di Kebumen.

Post a Comment