Ketika Kecoak Jadi Pahlawan

Oleh Muhammad Saleh

Judul Buku     : Tiga Kecoak Pahlawan
Penulis           : Widya Ross
Penerbit         : Tiga Ananda, (Tiga Serangkai, Solo)
Tahun            : I,  Agustus  2012.
Tebal             : 64 halaman.
ISBN              : 978-602-7690-11-0
       
Novel Tiga Kecoak Pahlawan karya Widya Ross ini bisa menjadi pilihan bagi orangtua untuk memberikan bacaan yang ringan dan asyik buat anak-anak tersayang. Novel ini tidak tebal, hanya 64 halaman sehingga anak tak akan sampai bosan untuk menuntaskan akhir dari cerita dalam novel ini.
Novel ini berkisah tentang tiga kecoak cilik yang ingin menjadi pahlawan. Adalah  Sonon, Robo, dan Komos, tiga kecoak cilik yang tinggal di balik tumpukan panci bekas di bawah pohon mangga. Mereka selalu mencari makanan di dapur Bu Surti. Ketiganya pun sering menjadi sasaran pukulan Bu Surti, bila ketahuan memasuki dapurnya. Ketiganya sangat tak suka bila dikatakan binatang menjijikkan dan tak berguna ketika Bu Surti memaki-maki mereka. (hlm. 1-13).
Suatu hari Bu Surti sakit. Bu Surti terserang demam dan hanya bisa meringkuk di dalam kamar. Tiga kecoak cilik merasa kasihan karena tak ada siapapun yang membantunya untuk memanggilkan dokter.
Cihuy....Ini kesempatan! Pikir mereka. Ketiganya ingin membuktikan kalau mereka juga berguna dan bisa menjadi pahlawan. Bukan binatang menjijikkan seperti Bu Surti bilang. Mereka akan memanggil dokter untuk datang ke rumah Bu Surti dan memeriksanya.
Tetapi bagaimana cara mereka memanggil dokter itu sedangkan mereka hanya kecoak kecil? Apakah  dokter akan mendengarkan mereka? Ketiganya berpikir keras untuk memecahahkan masalah ini.
Tiga kecoak ini memang tidak pernah putus asa. Bu Surti sangat membutuhkan pertolongan. Jadi mereka harus berusaha sekuat tenaga untuk menolongnya. Dengan menumpang sebuah motor mereka pergi menuju Puskesmas. (hlm. 33-52).
Lalu bagaimana usaha tiga kecoak cilik itu untuk mengajak dokter ikut ke rumah Bu Surti? Dan apakah usaha mereka membantu Bu Surti akan berhasil serta keinginan mereka menjadi pahlawan akan tercapai?
Selain cerita yang seru, kocak dan menegangkan, novel ini juga disertai beberapa ilustrasi yang menarik. Kisah dalam buku ini akan mengajarkan kita, bahwa sekecil apapun binatang yang diciptakan Tuhan pasti semua ada manfaatnya dalam kehidupan ini.
Cerita dalam novel ini bukan hanya sekedar hiburan belaka buat anak-anak, tapi ada juga ilmu-ilmu yang didapat dari membacanya. Anak-anak diajarkan untuk saling bersimpati membantu satu sama lain, dan tolong menolong. Mereka juga bisa mengambil pelajaran agar terus selalu berusaha dalam mengejar cita-cita, tanpa kenal lelah dan putus asa.

Muhammad Saleh, penulis lepas dan penikmat buku,
tinggal di Barabai, Kalimantan Selatan.

Post a Comment