KMP TH Satu-Satunya Kelompok Peneliti Mahasiswa IAIN

Semarang-WAWASANews.com
Lounching KMP TH Fakultas Ushuluddin IAIN Walisongo
Penelitian merupakan basis utama bagi pengembangan keilmuan. Melalui penelitian, mahasiswa dapat mencermati dan melakukan kajian lebih lanjut tentang apa yang telah dipelajarinya. Mahasiswa juga harus melahirkan teori-teori yang mampu menjelaskan dan meramalkan fenomena-fenomena yang ada.
Demikian pengarahan yang disampaikan Dekan Fakultas Ushuluddin IAIN Walisongo Semarang, Nasihun Amin dalam Launching dan Peresmian Kelompok Mahasiswa Peneliti Tafsir Hadis (KMP TH) di Ruang Sidang Dekanat Fakultas Ushuluddin IAIN Walisongo Semarang, Rabu (6/3).
“Ini adalah langkah awal yang sangat baik bagi pengembangan ilmu pengetahuan, terutama bagi Fakultas Ushuluddin. KMP TH merupakan satu-satunya kelompok peneliti mahasiswa yang ada di IAIN Walisongo Semarang dan dapat menjadi contoh bagi jurusan dan fakultas lain yang ingin mengembangkan intelektualitas dan skill mahasiswa,” ujar Nasihun.
Namun pihaknya menyayangkan beberapa ketua dan sekretaris jurusan yang tidak dapat hadir pada peresmian KMP TH. “Seharusnya dalam forum ini mereka (ketua dan sekretaris jurusan) dapat hadir sehingga kita bisa membangun komunikasi bersama dan berdiskusi terkait pengembangan penelitian di Fakultas Ushuluddin,” keluhnya.
Ketua Jurusan Tafsir Hadis Fakultas Ushuluddin IAIN Walisongo Semarang, Ahmad Musyafiq, mengatakan bahwa KMP TH merupakan lokomotif utama dalam pengembangan dan penelitian keilmuan rumpun Tafsir dan Hadis di IAIN Walisongo Semarang. “Melalui KMP TH, kita berharap nantinya ada pusat studi Tafsir dan Hadis di Jawa Tengah bagi dosen, guru, ulama dan pecinta keilmuan Tafsir dan Hadist,” harapnya.
Di samping menjadi kelompok penelitian, KMP TH juga diharapkan bisa menjadi asisten mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhir atau skripsi. “Kami berharap KMP TH juga tidak hanya fokus di bidang pengembangan dan penelitian, tetapi juga bisa membantu teman-teman mahasiswa yang kesulitan dalam metodologi dan teori dalam menyelesaikan tugas akhirnya,” kata Ketua Kelompok Mahasiswa Peneliti Tafsir Hadist, Muhammad Akmaluddin. (Ibnizma)

0 Response to "KMP TH Satu-Satunya Kelompok Peneliti Mahasiswa IAIN"

Post a Comment