Perbaiki Kualitas Tampilan dan Isi Website

Semarang-WAWASANews.com
Untuk meningkatkan kualitas tampilan dan isi website, Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Baiturrahman (LAZISBA) bekerja sama dengan Yayasan Pusat Kajian dan Pengembangan Islam (YPKPI) dan Ikatan Remaja Masjid Raya Baiturrahman (IKAMABA) menyelenggarakan pelatihan website pada Selasa (5/3). Pelatihan yang bertempat di ruang komputer Fakultas Teknik Industri Universitas Sultan Agung (Unissula) ini menghadirkan Muhammad Khosyi’in, pakar Teknologi Informasi Unissula, sebagai narasumber. 
Menurut Khosyi’in, kita dapat memanfaatkan wordpress untuk pembuatan website. Secara garis besar, fasilitas website yang disediakan wordpress dibagi menjadi dua, yakni website gratis dan berbayar. Keunggulan website berbayar dibandingkan gratis terletak pada fitur dan tampilannya yang lebih menarik dan lebih lengkap. 
Di samping materi pengembangan website, peserta yang terdiri atas para karyawan LAZISBA, YPKPI, dan remaja masjid Baiturrahman ini juga diberi penjelasan tentang optimalisasi penggunaan email. Dalam hal ini, email yang digunakan adalah gmail yang menginduk pada perusahaan search engine Google. Dengan menggunakan fitur cloud, setiap orang dapat menyimpan data hingga mencapai 5 Gigabyte (Gb) di email. 
Cara menggunakan fitur cloud melalui beberapa tahap. Pertama, download software Google Drive. Kedua, lakukan penginstallan. Saat proses penginstallan, buat direktori folder pada hardisk komputer. Ketiga, lakukan sinkronisasi dengan cara menekan tombol Next. Setelah proses selesai, maka secara otomatis data yang kita simpan di hardisk laptop akan tersimpan juga di database gmail
“Selain dapat digunakan untuk laptop atau komputer, fitur cloud ini juga bisa diaplikasikan pada Smart Phone yang berbasis Android, iOS, dan Windows,” jelas Khosyi’in.  
Cahyo Nugroho, salah satu peserta pelatihan website menyatakan, dia merasakan besarnya manfaat dari pelatihan ini. “Ternyata banyak fitur email yang belum kita gunakan secara maksimal,” ungkapnya.  (Asrof)

Post a Comment