Sebanyak 262 Profesor Gabung ISNU

Semarang-WAWASANews.com
Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Ikatan Sarjana  Nahdlatul Ulama (ISNU) berlangsung selama 1-2 Maret di Auditorium kampus II Universitas Wahid Hasyim Semarang. Hadir dalam kesempatan itu tokoh nasional seperti Mahfud MD (ketua MK), Marzuki Ali (Ketua DPR), dan M. Nuh (Kemendikbud) dan ratusan peserta dari 27 kepengurusan wilayah provinsi se-Indonesia, termasuk Jawa Tengah yang baru saja dilantik.
Abdul Kholik Arif, ketua terpilih ISNU Jateng menyatakan akan bekerja keras dalam kepengurusannya. “Kita baru saja dilantik, dan mulai membuat daftar isi, hari-hari ke depan harus diisi dengan lembaran-lembaran baru hingga menuju kesimpulan, mengarahkan sarjana NU ini menjadi bermanfaat kepada masyarakat,” kata  Khalik yang masih menjabat Bupati Wonosobo ini dalam sambutan.
Acara yang dibuka langsung oleh ketua Pengurus Pusat ISNU, Ali Masykur Musa ini merupakan Rapimnas pertama yang digelar. Enam bulan pasca dilantik menjadi ketua, Musa mengaku telah melantik 27 wilayah (provinsi) se-Indonesia.
Musa bercerita, ketika Gus Dur kembali dari luar negeri pada tahun 1972, ia sebetulnya telah mulai membangun embrio ISNU. Sekarang bisa dirasakan, sebanyak 262 profesor dan 574 doktor di berbagai bidang dan berbagai kalangan, ada di ISNU. “Ini yang baru ada dalam struktur kepengurusan, belum yang ada di daerah secara keseluruhan,” katanya.
ISNU, menurut Musa, merupakan silk road (jalan sutera) yang dibangun Gus Dur untuk bangsa, selain cara golden road (jalan emas) yang dirintis, yakni dengan mendirikan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).
Musa percaya bahwa di masa yang akan datang, ISNU akan menjadi ujung tombak Indonesia. ISNU harus mampu menjadi ulul albab (ilmuan dalam bahasa Al-Quran) dengan menerapkan prinsip menjaga tradisi baru yang masih baik dan mampu mengambil budaya baru yang lebih baik. (Zulfa)

Post a Comment