Waspadai ISPA Saat Cuaca Buruk

Sidodadi-WAWASANews.com
Penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) harus diwaspadai oleh semua kalangan umur. Penyakit ini tidak hanya rentan menyerang anak-anak dan balita namun para remaja bahkan orang dewasa bisa dengan mudah terjangkit sakit ini.
Hal ini disampaikan oleh Dian Ayu Zahraini, dokter praktek di klinik kesehatan IKIP PGRI Semarang, Jum’at (28/2). Dian menyatakan bahwa  dari seluruh mahasiswa dan karyawan yang berobat pada hari itu, delapan puluh persen mengeluhkan sakit-sakit sejenis batuk dan pilek.
“Ini bukan batuk pilek yang gak boleh dianggap remeh. Karena kebanyakan dari mereka harus melakukan periksa ke sini dua kali,” tukasnya.
Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa penyakit batuk pilek tersebut butuh dua kali pengobatan. “Biasanya ya, keluhan batuk pilek kemudian saya kasih obat terus sembuh. Lha yang sekarang ini mereka harus dua kali,” tambah Dian.
Hal ini menurutnya tidak lepas dari pengaruh cuaca yang membuat daya tahan tubuh menurun. Jika sudah demikian Dian selalu menasihati pasiennya untuk lebih perhatian terhadap kesehatannya sendiri.
“Pola makan jangan semaunya sendiri. Harus diatur dan rutin. Istirahat cukup. Jauhi stres dan jangan malas-malasan olahraga. Itu kuncinya supaya imun tubuh kuat. Sehingga tubuh akan resistan  terhadap penyakit,” pungkasnya. (Sahan)

Post a Comment