Bedah Kredo PMII di Unnes

Semarang-WAWASANews.com
Tugas pemuda adalah menyempurnakan budi pekerti. Tidak semua orang bisa menyempurnakannya kecuali dengan membersihkan diri. Jalan dari pemuda adalah persahabatan dan kebaikan dalam jama’ah (our ways is fellowship and goodness in jama’ah). Dalam PMII, sahabat-sahabat harus menggunakan tradisi yang luas dan kepentingan bersama untuk organisasi.
Begitulah diskusi yang disampaikan Moh. Yasir Alimi dalam Bedah Kredo PMII dalam memperingati Hari Lahir Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (Harlah PMII) ke-53 oleh PMII Komisariat al-Ghozali Universitas Negeri Semarang (Unnes) dengan tema “Dengan Semangat Dzikir, Fikir dan Amal Shalih Kita Perkuat Ukhuwwah Islamiyyah” di Masjid Baitut Taibin (barat Rusunawa Unnes) Sekaran Gunungpati Semarang, pada Sabtu (13/4). Acara tersebut dihadiri kader PMII Komisariat al-Ghozali, para senior dan undangan pengurus PMII Komisariat yang ada di lingkungan Kota Semarang.
Kredo PMII yang sedang dalam tahap perbaikan ini dibuat oleh doktor lulusan Australian National University (ANU) dan pertama kali disampaikan dalam Pelatihan Kader Dasar (PKD) PMII Komisariat al-Ghozali Unnes pada 2011.
“Dengan kredo, seseorang akan bertambah kepribadiannya. Kredo ini adalah sebagai penambah tenaga dalam beorganisasi, yang memadukan antara intelektual dan spiritual bagi sahabat-sahabat PMII,” jelas Yasir. Dia menambahkan bahwa organisasi yang lain lebih maju dengan menggunakan nama Allah, walaupun pengatasnamaan Tuhan didalamnya jauh di luar konteks. “Jadi dengan mempelajari kredo ini dengan sepenuhnya, diharapkan kader PMII dapat mencapai dan memperoleh apa yang diharapkan,” jelas dosen Unnes yang juga menjadi pengikut tarekat Naqsyabandiyyah itu.
Putri Rahmi, salah satu peserta diskusi mengatakan bahwa kredo ini merupakan penjabaran dan penafsiran lebih jauh dari Nilai Dasar Pergerakan (NDP) PMII. “Banyak hal-hal yang menyangkut hubungan manusia dengan manusia serta manusia dengan Tuhannya dijabarkan di dalamnya. Kredo ini adalah sebuah janji setia dan penyemangat bagi kader-kader PMII,” ujarnya. (Akmal)

Post a Comment