Melejitkan Bisnis Kecil

Oleh Muhammad Shobaruddin

Judul          : Dongkrak Bisnis: 121 Langkah Terobosan Bikin UKM Powerfull
Penulis       : Andrew Griffiths
Penerbit     : PT Tangga Pustaka
Tebal         : x + 318 halaman
Cetakan     : Pertama, Desember 2012
ISBN          : 979-083-055-6
Harga        : Rp 55.000

Bisnis kecil atau Usaha Kecil Menengah (UKM) adalah tulang belakang ekonomi suatu negara. Seiring dengan meningkatnya populasi di seluruh dunia, UKM yang mulai beroperasi juga semakin banyak. Jutaan orang dari seluruh penjuru dunia terus memilih untuk menjalankan bisnis mereka sendiri daripada bekerja untuk organisasi bisnis yang lebih besar. Bahkan salah satu syarat untuk menjadi sebuah negara yang maju, harus ada minimalnya 2% dari jumlah penduduk yang bergelut di sektor bisnis. Sementara, saat ini jumlah penduduk di Indonesia yang bergelut di sektor bisnis hanya 1,2% (ceicdata.com).
Buku berjudul “Dongkrak Bisnis: 121 Langkah Terobosan Bikin UKM Powerfull” ini merupakan buku yang tepat untuk dijadikan kitab pedoman bagi pembaca yang hendak membuka UKM ataupun yang sudah memiliki usaha dan ingin meningkatkan profitabilitas usahanya. Andrew Griffiths, seorang wirausahawan sukses dan juga motivator bisnis ulung berbagi pengalamannya melalui buku ini terkait dengan kiat-kiat melejitkan bisnis kecil.
Secara umum buku ini menjelaskan beberapa tips dalam rangka meningkatkan profitabilitas bisnis. Andrew membagi tips tersebut ke dalam beberapa aspek, di antaranya kiat mendapatkan nasihat, kiat finansial, kiat hubungan bisnis, kiat personalia, kiat layanan konsumen, kiat beriklan dan pemasaran, kiat internet, kiat asuransi, kiat hukum, kiat pribadi, dan kiat merencanakan masa depan.
Semua aspek dalam buku ini disajikan dalam beberapa tips, seperti kiat layanan konsumen, misalnya. Andrew menjelaskan bahwa seorang pebisnis harus mampu memastikan bahwa seorang pelanggan atau konsumennya merasa bahagia terhadap pelayanannya.
Dalam buku ini dijelaskan juga beberapa tips membuat dan memastikan pelanggan merasa puas, salah satunya adalah dengan membangun hubungan yang baik dengan pelanggan. Seorang pebisnis harus menyadari bahwa jika mereka bisa membuat pelanggan tetap bahagia dan puas selama periode waktu yang lebih lama, maka mereka bisa meningkatkan laba mereka secara drastis (hlm. 111).
Berkat pengalaman pribadinya, Andrew menyadari bahwa menjalankan roda bisnis tidaklah mudah. Adakalanya kita berhasil dan adakalanya gagal. Dalam menyikapi kegagalan, Andrew mengatakan, seorang pebisnis sukses pada umumnya gigih, siap mengambil resiko, dan rela bertahan. Kegigihan juga diperlukan saat menghadapi staf, konsumen, dan pemasok sehari-hari. Sebab tidak semua orang memiliki cara berpikir yang sama, dan beberapa orang membutuhkan waktu lebih lama untuk memahami sesuatu dibanding orang lain. Usahakan untuk sabar dan fokus pada “gambaran besar” (Goal) (hlm. 284).
Buku ini memuat 121 langkah terobosan lainnya agar pembaca bisa segera membangun UKM dengan cepat dan menerobos rintangan yang mungkin sulit untuk ditembus. Selain praktis, pembaca bisa membaca buku ini dari urutan mana pun, tanpa harus memulai dari awal.
Meskipun demikian, buku yang memiliki judul asli “121 Ways to Boost Your Businessdan diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia oleh Jessica Wibowo ini tidak dipenuhi dengan propaganda atau ide-ide yang terdengar hebat tapi ternyata mustahil untuk diimplementasikan. Semua ide yang tertuang dalam buku ini merupakan ide sederhana yang realistis dan mudah untuk diimplementasikan (hlm. 2)

Muhammad Shobaruddin, pengelola Rumah Baca “Masa Depan” PesMa Al-Firdaus Semarang dan pengurus CSS MoRA IAIN Walisongo Semarang

Post a Comment