Memaksimalkan Laborat Sekolah

Oleh Sam Edy Yuswanto

Judul Buku : Tips Mengelola Laboratorium Sekolah
Penulis       : Richard Decaprio
Penerbit     : Diva Press, Yogyakarta
Cetakan     : I, Januari 2013
Tebal         : 206 halaman
ISBN         : 978-602-7663-80-0
Harga        : Rp. 30.000,-
       
        Keberadaan laboratorium di era seperti sekarang ini memiliki peranan sangat penting. Laboratorium adalah tempat dilakukannya riset (penelitian) ilmiah, eksperimen (percobaan), pengukuran, maupun pelatihan ilmiah. Secara umum, laboratorium dirancang untuk memungkinkan dilakukannya kegiatan-kegiatan tersebut secara terkendali. Tanpa laboratorium, lembaga-lembaga pendidikan akan mengalami kesulitan dalam meningkatkan kompetensi dan standar mutu pendidikannya.
        Laboratorium ilmiah biasanya dibedakan menurut disiplin ilmunya, seperti laboratorium fisika, laboratorium kimia, laboratorium biokimia, laboratorium komputer, dan laboratorium bahasa (hlm. 16). Laboratorium memiliki banyak sekali fungsi, antara lain; menyatukan teori dan praktik, mencari hakikat kebenaran ilmiah dari suatu objek keilmuan dalam lingkungan alam serta lingkungan sosial, membantu memahami beragam ilmu pengetahuan yang masih bersifat abstrak sehingga menjadi sesuatu yang bersifat konkret, dll (hlm. 17-20).
        Dengan adanya laboratorium, para peserta didik akan terdorong lebih aktif dan mandiri, tidak hanya mendengarkan materi yang disampaikan guru. Sebagai media pengajaran, laboratorium dapat mengarahkan prosedur pembelajaran secara sistematis, seperti; merumuskan hipotesis, mengontrol dan memanipulasi variabel-variabel, melakukan eksperimen, menafsirkan data, dll (hlm. 21-22). Keberadaan laboratorium memang tak dapat dipisahkan dari perkembangan dan ranah ilmu pengetahuan. MUI (Majelis Ulama Indonesia) misalnya. Lembaga ini sangat membutuhkan keberadaan laboratorium riset. Laboratorium riset menjadi hal yang sangat penting bagi MUI untuk meneliti dan memutuskan makanan atau minuman tersebut halal atau haram (hlm. 30).    
Agar pengelolaan laboratorium bisa berjalan efektif, efisien dan modern, maka pengelolaannya harus dijalankan dengan manajemen yang baik dan profesional. Manajemen yang profesional ini ditandai adanya pembentukan struktur organisasi laboratorium yang dilandasi profesionalisme kerja. Dalam bab ini, akan dipaparkan panjang lebar tentang struktur organisasi laboratorium dan tugas-tugasnya (hlm. 47-58).
Pengelolaan laboratorium tidak akan bisa berjalan dengan maksimal bila tidak diiringi dengan manajemen operasional yang baik. Manajemen operasioal laboratorium akan menyatukan satu kesatuan utuh antara sumber daya manusia, peralatan laboratorium yang canggih dan staf pofesional terampil dalam satu kombinasi yang padu dalam manajemen (hlm. 79).
Sebagus apa pun manajemen, jika tak diiringi inventarisasi dan keamanan laboratorium, maka efektivitas laboratorium tersebut akan menurun. Beberapa tujuan yang bisa dicapai dari inventarisasi dan keamanan laboratorium antara lain; mencegah kehilangan dan penyalahgunaan peralatan, mengurangi biaya-biaya operasional, meningkatkan proses pekerjaan dan hasilnya, meningkatkan kualitas kerja, dll  (hlm. 88-89).
Di sisi lain, para pengelola laboratorium juga harus menguasai serta memerhatikan sebuah tindakan standar dalam dunia kesehatan yang biasa disebut dengan ‘pertolongan pertama’. Ini penting, untuk mengatasi jika sewaktu-waktu terjadi kecelakaan mendadak yang berada di luar perkiraan semua pihak. Para pengelola harus menyadari bahwa tiap kecelakaan, bagaimana pun ringannya, perlu ditangani di tempat kejadian dengan memberikan pertolongan pertama (hal 109).
Buku ini juga dilengkapi kiat-kiat mengelola Laboratorium Bahasa, IPA dan Komputer, tips mendirikan laboratorium sekolah yang layak guna serta ramah lingkungan, cara menggunakan laboratorium yang baik dan benar, memilih perangkat laboratorium yang awet sesuai standar internasional, dll.
Buku setebal 206 halaman ini sangat bagus dijadikan sumber rujukan bagi tiap lembaga pendidikan. Penjelasan dalam buku ini disajikan dengan bahasa sederhana, sistematis, sehingga mudah dipahami oleh semua pembaca dari berbagai kalangan. 

Sam Edy Yuswanto, penulis lepas bermukim di Kebumen.

0 Response to "Memaksimalkan Laborat Sekolah"

Post a Comment