Mitos Hamil Akar Fatimah -->
Cari Berita

Advertisement

Mitos Hamil Akar Fatimah

WAWASANews.com
Senin, 13 Mei 2013
Download Ngaji Gus Baha

Flashdisk Ribuan Kitab PDF
Kudus-WAWASANews.com
Akar Fatimah menurut mitos orang Jawa sangat baik dikonsumsi oleh ibu yang akan melahirkan. Banyak orang tua menyarankan untuk meminum air rendamannya sebelum melewati proses persalinan. Namun ternyata hal ini salah besar. Meminum tumbuhan ini bisa menjadi sangat berbahaya hingga dapat mengakibatkan pendarahan.
Mazidun Ni’amah, Bidan pada salah satu Puskesmas di Kota Kudus ini mengatakan bahwa pemberian air rendaman akar Fatimah sebetulnya tidak baik. Hanya saja karena mitos tersebut sudah tumbuh subur di pola pikir masyarakat Jawa maka masih banyak yang melakukannya.
“Air rendaman akar Fatimah itu mengandung oksitosin, yaitu zat yang dapat memacu kontraksi rahim, sehingga otot perut akan terasa mengencang,” tuturnya.
Mazidun menjelaskan bahwa tingkat oksitosin hasil dari rendaman tidak dapat ditentukan ukurannya. Hal tersebut ditentukan dari lama atau tidaknya proses perendaman. Semakin direndam dalam waktu yang lama, maka kandungan oksitosin semakin besar.
“Yang dikhawatirkan adalah ketika orang asal mengonsumsinya tanpa pengetahuan yang memadai. Mereka menyarankan untuk minum padahal masih pada tahap pembukaan awal. Akibatnya bukan tidak mungkin mulut rahim bisa robek,” bebernya.
Bagi para ibu yang tinggal sebentar lagi mengalami masa persalinan. Bidan satu ini menyarankan agar lebih banyak jalan-jalan pada pagi hari. (Sahan)


Jual Kacamata Minus

close
Jual Flashdisk Isi Ribuan Buku Islam PDF