Gembuk: Komunitas Pengkaji Pemikiran Alternatif


Surabaya-WAWASANews.com
Mejeng: Wajah para Gembukers (Dok. Gembuk)
Gerakan Eksekutif Mahasiswa Brilian, Unggul dan Kreatif atau yang lazim disingkat dengan GEMBUK, Sebuah Komunitas Kajian Disiplin keilmuan yang sekarang ini sudah tak asing lagi di Fakultas Ushuluddin IAIN Sunan Ampel Surabaya.
Komunitas ini dilahirkan pada bulan November 2012. Pada mulanya, komunitas ini hanya sebagai ajang perkumpulan komunal pemuda-pemudi mahasiswa angkatan 2011-2012 jurusan Tafsir Hadis Fakultas Ushuluddin Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sunan Ampel Surabaya. Hanya sebagai tempat untuk sekedar Bersenda gurau dan ngopi bersama ketika melepas penat di sela-sela sibuknya perkuliahan di kampus.
Pada akhirnya kemudian, komunitas ini memiliki keseriusan untuk menjadi perkumpulan yang berguna di bidang kajian disiplin keilmuan mulai dari Tafsir, Hadits, Syari’ah Fiqh, Budaya, Sosial, Politik dan Informasi & Tekhnologi. Terbentuklah Komunitas GEMBUK dibawah asuhan langsung Muhammad Syarief, pakar Ulumul Qur’an di Jurusan Tafsir Hadits.
Komunitas yang Diketuai oleh Faiz Al-Ayyubi ini bergerak di bidang pengembangan dan pemberdayaan mahasiswa. Kegiatannya meliputi kajian lapangan dan kajian kepustakaan, pengkajian kitab-kitab kuning, bedah buku, pendidikan bermasyarakat, serta pelatihan-pelatihan akademis lainnya. Pencetus nama komunitas adalah Najih Ramadhan, yang mendapatkan inspirasi dari ‘ungkapan bahasa’ khas yang sering diucapkan oleh salah satu dosen jurusan Tafsir Hadist, Bpk. Muhammad Syarief, yang sering dianggap kocak oleh para mahasiswanya.
Sejalan dengan waktu, Komunitas ini mempunyai visi, yaitu melahirkan mahasiswa profesional, berpola pikir ekskutif, dinamis, dan inovatif. Adapun misinya adalah menyelenggarakan kegiatan-kegiatan pengembangan dan pemberdayaan potensi mahasiswa. Disamping itu, komunitas ini juga mempunyai motto: “Pelopor Paradigma Berfikir Alternatif”.
Kini, sudah banyak yang mahasiswa dari berbagai  jurusan di Fakultas Ushuluddin yang bergabung sebagai anggota, bahkan ada juga yang mengikuti kajian ini dari luar kampus IAIN Sunan Ampel Surabaya guna menggali kajian keilmuan dari berbagai disiplin ilmu.

Tweet Follow: @WAWASANews

Dikirim Mahrus Sholeh, Kepala Departemen Informasi & Teknologi 
GEMBUK FOUNDATION IAIN Fakultas Ushuluddin Sunan Ampel Surabaya.

Post a Comment