Hindari Kekerasan Fisik MOS, Hendi Sidak

Semarang-WAWASANews.com
Kegiatan MOS (Masa Orientasi Siswa) di beberapa sekolah selama ini menjadi kekhawatiran. Hal ini dikarenakan kemungkinan diadakannya pemaksaan fisik dari senior kepada junior.
Untuk memantau hal tersebut, Plt Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) di sejumlah Sekolah, Rabu (17/7).
Salah satu sekolah yang dituju Hendi adalah SMAN 1 Semarang. Di sekolah tersebut Plt Wali Kota tersebut juga mengajak dialog interaktif dengan salah satu peserta MOS.
“Saya rasa MOS dengan kegiatan fisik sekarang ini sudah tidak zamannya. Karena sekolah, baik itu SMA atau SMK, tidak bertujuan untuk menjadikan seorang siswa menjadi atlet tangguh,” ungkapnya.
Selain itu, peniadaan kegiatan fisik juga merupakan wujud toleransi kepada para peserta MOS yang melakukan ibadah puasa. Menurut Hendi, inti dari kegiatan MOS adalah pengenalan dan pengakraban kepada kakak kelas.
Kastri Wahyuni, Kepala Sekolah SMAN 1 Semarang mengatakan kepada wartawan bahwa MOS yang pada hari itu memasuki hari terakhir diisi dengan kegiatan menggali potensi siswa.
“Inti dari MOS adalah pengenalan terhadap lingkungan, kakak kelas dan para guru. kegiatan yang kami terapkan adalah kegiatan untuk menggali potensi siswa dalam hal menumbuhkan dan meningkatkan kreatifitas siswa,” jelas Kastri.
Hal itu bisa dilakukan dengan, misalnya, pemberian materi berupa cara pengolahan limbah kepada 468 siswa yang mengikuti kegiatan MOS tersebut. (Sahan)

Post a Comment