Hidup Sehat Dengan Obat Herbal

Oleh Sartono



Tentu kita sudah sering mendengar istilah “back to nature” atau kembali ke alam. Istilah tersebut kini kian marak didengungkan oleh sebagian masyarakat sebagai solusi hidup sehat. Yaitu pola hidup sehat dengan tanaman herbal sebagai obat alternatif yang aman dan terjangkau. Alhasil pengobatan herbal sering kali menjadi pilihan utama dan pertama dalam upaya penyembuhan berbagai penyakit seperti kanker, diabetes militus, dan lainnya. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya karena pengobatan herbal dapat dilaksanakan tanpa melalui operasi.
Tanaman-tanaman seperti jahe, kunyit putih, buah mahkota dewa, daun sirsak, kini sedang populer dan dikenal dengan istilah herbal penyembuh. Ya, istilah herbal kini kian akrab di telinga kita. Tetapi, apa sebenarnya yang dimaksud dengan herbal itu sendiri? Belum banyak yang tahu... Herbal identik dengan segala jenis tumbuhan dan seluruh bagiannya yang mengandung berbagai kandungan zat kimia alami. Dimana senyawa kimia alami tersebut mempunyai manfaat sebagai obat.
Istilah “herbal” sudah digunakan sejak zaman dahulu. Herbal merupakan bahan alami yang bermanfaat sebagai sistem imun dalam tubuh serta mampu mengobati berbagai macam penyakit. Mulai dari penyakit ringan, sedang, maupun berat bisa dibasminya. Pengobatan herbal merupakan pengobatan yang memanfaatkan tanaman-tanaman yang memiliki khasiat khusus untuk mengatasi berbagai keluhan kesehatan. Bagian tanaman yang bisa dimanfaatkan bisa berasal dari akar, daun, biji-bijian, maupun bagian lainnya.
Hanya dengan membayangkannya saja orang sudah dapat merasakan aroma dan rasa yang tidak enak. Tetapi jika dibandingakan dengan khasiatnya yang luar biasa, kini masyarakat mulai melirik kembali pengobatan herbal sebagai salah satu pengobatan alternatif. Penggunaan herbal sebagai salah satu upaya pengobatan penyakit kini pun kian gencar dilakukan. Hasil penelitian ilmiah menunjukkan bahwa pengobatan secara herbal efektif menanggulangi beragam keluhan kesehatan dan tidak memiliki efek samping yang berbahaya. Penggunaan obat herbal sebenarnya bersifat pilihan, semuanya tergantung pada penderita ingin memilih pengobatan secara herbal atau pengobatan secara medis modern.

Kedahsyatan Obat Herbal
Sebagai solusi alternatif pengobatan, tumbuhan herbal mempunyai khasiat luar biasa bagi kesehatan. Berbagai kandungan senyawa kimia alami yang terdapat di dalamnya mampu mengobati beragam jenis penyakit. Hal itu ditopang lagi dengan berbagai penelitian yang dilakukan para ilmuwan, dosen, maupun mahasiswa mengenai analisis kandungan kimia dan farmakologi tanaman herbal baik bagi kesehatan, sehingga menambah referensi dan pengetahuan akan kedahsyatan tanaman herbal.
 Oleh sebab itu, masyarakat kini perlahan-lahan beralih untuk memanfaatkan tanaman herbal sebagai solusi pengobatan terhadap berbagai macam penyakit yang diderita. Konsep pengobatan herbal tentu saja memiliki perbedaan dengan konsep pengobatan kimia sintetis. Pengobatan herbal murni berasal dari alam tanpa tambahan zat kimia sintetis. Obat herbal diolah dari bahan tanaman atau bagian tanaman yang memiliki khasiat kesehatan. Penggunaan obat herbal juga memiliki keunggulan tersendiri jika dibandingkan dengan penggunaan obat farmasi sintetik.
Obat herbal memiliki keunggulan secara medis dibandingkan dengan obat kimia sintetis. Beberapa keunggulan obat herbal antara lain minim efek samping, bebas toksin (zat racun), bahannya mudah ditemukan, bahan mudah diolah, menghilangkan akar penyakit, serta memiliki berbagai khasiat (multi-khasiat).
Salah pemanfaatan obat herbal, tentu akan berakibat tidak baik bagi tubuh kita. Pasalnya obat herbal juga memiliki efek samping atau dampak negatif bagi kesehatan. Jika salah pemanfaatannya bukan tidak mungkin justru dapat membahayakan keselamatan si penderita. Seperti halnya obat kimia sintesis yang menggunakan aturan pemakaian, pada obat herbal juga mempunyai aturan penggunaannya. Sebagai contoh, obat herbal dikonsumsi sesuai dosis yang telah ditentukan. Jangan berlebihan atau malah kurang, tentu akan berakibat buruk bagi tubuh. Oleh sebab itu, obat herbal harus dikonsumsi secara tepat, baik takaran atau dosis, komposisi pendampingnya, hingga cara mengonsumsinya. Selain itu, yang perlu diperhatikan adalah bahwa tidak semua obat herbal bisa dikonsumsi dengan cara yang sama, karena karakteristik tanamannya berbeda dan kandungan senyawanya juga tentu tak sama.
Meskipun semua tanaman herbal memiliki kandungan senyawa yang baik bagi kesehatan, namun tak lantas terbebas dari efek bahaya. Tanaman herbal juga berpotensi mengandung racun dan dapat berbahaya bagi tubuh kita jika dikonsumsi. Racun tersebut dapat berasal dari tanaman itu sendiri, salah dalam proses penanaman maupun karean tidak tepat mengolahnya. Tentunya hal itu harus jadi perhatian kita sebelum memanfaatkan tanaman herbal sebagai obat. Oleh karena itu, penting kiranya kita belajar memahami dunia herbal secara menyeluruh, sehingga pemanfaatan tanaman herbal bisa secara tepat dan aman bagi kesehatan.

Sartono, S.Pd.Si, penulis, tinggal di Yogyakarta 

__________________________________________________________



2 Responses to "Hidup Sehat Dengan Obat Herbal"

  1. Obat herbal menarik bisa Anda dapatkan di link ini. Silakan klik www.manfaatbawangdayak.com

    ReplyDelete
  2. Terimakasih atas artikel anda yang menarik dan bermanfaat.
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis yang bisa anda kunjungi di
    Pusat Studi Informasi Kedokteran

    ReplyDelete