Kuliah Di Luar Negeri Melalui Pathway Program

Jakarta-WAWASANews.Com
Melanjutkan studi ke luar negeri masih banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Seperti dikatakan oleh Harianto, presiden Ikatan Konsultan Pendidikan Internasional Indonesia, “Lebih dari 50.000 pelajar Indonesia melanjutkan studi di luar negeri tahun lalu, dan angka tersebut naik 20% setiap tahunnya sejak 2005.” Australia menjadi negara tujuan paling populer, dengan 17 ribu pelajar Indonesia di tahun 2012.
Berbagai institusi pendidikan di Australia memiliki sistem transfer kredit dari kampus lain. Artinya, kita tidak harus memulai belajar terlebih dahulu di Australia. Pelajar Indonesia yang ingin kuliah di Australia dalam tahun pertama dapat kuliah terlebih dahulu di Indonesia, kemudian dapat mentransfer kreditnya dan melanjutkan kuliah hingga lulus dan mendapatkan gelar di kampus Australia. Hal ini biasa disebut pathway program. Bagi pelajar Indonesia, pathway program ini memberikan manfaat, yaitu menghemat masa studi di Australia dan tentu saja yang terpenting adalah penghematan biaya.
Seperti pengalaman yang diungkapkan oleh Peeter Febriyanto yang berhasil mentransfer kreditnya dari salah satu sekolah desain di Jakarta Selatan. Ia melanjutkan studi di Billy Blue College Design Australia, dengan total waktu belajar hanya 2,5 tahun yang seharusnya 3,5 tahun, karena ia telah menyelesaikan studi selama satu tahun di IDS (International Design School). Penghematan masa studi di Australia ini membuat biaya yang harus dikeluarkan orang tua Peeter jauh lebih murah dibandingkan ia harus studi sejak awal di Australia. (Reza Pahlevi)

Post a Comment