Ratusan Santri Rembang Kecam Fahri "Sinting"

Rembang-WAWASANews.Com
Kang Fahri Hamzah. Foto: Tempo
Kecaman terhadap pernyataan Fahri Hamzah di media sosial yang dianggap melecehkan salah satu pasangan capres dan elemen santri makin keras. Sore kemarin (4/7), ratusan murid dan alumni sejumlah pondok pesantren Nahdliyyin turun ke jalan menuntut permintaan maaf politisi PKS itu.
Demonstran yang mengatasnamakan Jaringan Santri Nusantara Rembang itu beraksi long march sejauh 3 KM dari depan kantor DPC PKB Jl Gatot Subroto hingga ke dr. Sutomo, dari Kartini hingga ke depan kantor Bupati Rembang di Jalur Pantura.
Dengan berpakaian sarung, baju koko dan kopiah khas pesantren, massa mengarak ratusan spanduk, serta membagikan selebaran kepada pengguna jalan  yang isinya berupa kecaman terhadap Fahri Hamzah.
Setelah itu, massa langsung memadati bundaran tugu adipura di depan kantor Bupati Rembang. Koordinator aksi Zainal Arifin yang saat itu berorasi menyebut bahwa Fahri tak sepatutnya mempersoalkan usulan terkait Hari Santri Nasional. Apalagi sampai menyebut kata sinting yang dianggap sebagai indikasi kebencian dirinya kepada santri.
Dengan tegas Zainal menyebut Fahri sebagai orang yang buta sejarah. “Dia tidak tahu sejarah kemerdekaan. Padahal perjuangan NKRI hingga merdeka adalah berkat jasa para santri khususnya warga Nahdliyin juga,” tegasnya.
Tak hanya itu, dia juga menuding Fahri sebagai antek Wahhabi yang dicitrakan sebagai Islam garis keras anti nasionalisme. “Paham Wahabi seperti yang dianut Fahri harus disingkirkan dari Indonesia,” Zainal berseru.
Lewat ratusan selebaran yang dibagikan, Jaringan Santri Nusantara Rembang mendesak Fahri agar segera menyatakan permintaan maafnya kepada seluruh santri, seluruh Indonesia. Selain itu massa mengancam akan menduduki kantor DPC PKS di Jalan Adipati Honggodjojo “Apabila dalam waktu 1x24 jam tidak ada permintaan maaf secara resmi dari yang bersangkutan, kami akan mengerahkan massa yang lebih banyak hingga ribuan untuk menduduki kantor PKS,” ancam Zainal. Kita tunggu saja aksi para santri yang berakhir tertib di Rembang ini. (Zul)

Post a Comment