Anggaran 500 Juta untuk BUMDes Jepara

Jepara-WAWASANews.Com
Tahun depan, masing-masing desa di Jepara akan menerima anggaran sebesar Rp 400-500 juta tiap tahun. Dengan dana sebesar itu, desa meski memilih badan khusus untuk mengelolanya sehingga bisa maksimal.
Bupati Ahmad Marzuqi menerangkan, plotting anggaran untuk alokasi desa di Jepara sudah disediakan jumlahnya hingga Rp. 93 milyar. Menurutnya, jika dana tersebut dibagi rata ke 184 desa pada tahun yang akan datang, maka tiap desa bisa mendapatkan anggaran sebesar Rp. 400-500 juta.
Antusias: Edy Supriyanto sedang menyampaikan materi di pelatihan BUMDes Se-Jepara (6/10)
Foto: Badri/WAWASANews.Com
“Dengan anggaran sebesar itu saya berharap agar masyarakat desa bisa mandiri, maju dan memiliki penilaian baik dari daerah-daerah lain. Selama ini tiap desa di Jepara sudah mendapatkan dana sebesar Rp. 26 juta,” jelasnya pada acara pembukaan Pelatihan Pengelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Seluruh desa di Jepara, Senin (6/10/2014).
Marzuqi melanjutkan, atas alasan itu pula maka Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Bapermades) Kabupaten Jepara mulai Senin kemarin hingga Kamis (9/10), menyelenggarakan yang berjumlah 184 dengan total peserta 552 orang.
Kepala Balai Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Yogyakarta, Edi Supriyanto menerangkan, dengan alokasi anggaran dari Pemkab ke desa sebesar itu kalau memang benar-benar bisa diterima utuh oleh pihak BUMDes Jepara, termasuk sudah besar. “Harus benar-benar dimanfaatkan,” tandasnya.
      Sepengetahuan Edy, baru Pemkab Jepara yang telah mengumpulkan direktur, sekretaris dan bendahara BUMDes dalam sebuah forum untuk membahas pembagunan desa. (Adipur)

Post a Comment