Mengatasi Penyakit Bengkak Amandel

WAWASANews.Com
Gambar Amandel
Cara Mengobati Amandel-Amandel merupakan infeksi radang tenggorokan. Untuk mengetahuinya bisa dengan cara melihat langsung. Jika rongga tenggorokan semakin menyempit, dapat diduga seseorang tersebut terkena infeksi bengkak amandel. Orang-orang dahulu membayangkan, jika amandel semakin membesar, rongga tenggorokan akan tertutup. Orang akan kesulitan menelan makanan, bahkan dianggap akan kesulitan bernafas. Maka amandel sering memunculkan kepanikan, karena dianggap dapat mendatangkan kematian.
Karena ketakutan inilah, banyak orang tua memilih membawa anaknya operasi pengambilan amandel. Pada pertengahan tahun 1990-an, tetangga saya panik luar biasa karena anaknya yang masih kelas 2 SD memiliki amandel. Dengan berbagai upaya, dia membawa anaknya ke rumah sakit. Amandel anaknya dapat diangkat, dan alhamdulillah, sang anak sehat sampai sekarang. Kini tumbuh dewasa, sudah menikah, dan memiliki seorang anak.
Tidak perlu panik dengan adanya amandel. Yang diperlukan adalah sikap tenang dan berusaha menyembuhkan amandel. Kepanikan tersebut sangat beralasan, karena memunculkan berbagai akibat. Anak mengalami demam, merasa nyeri saat menelan makanan, dan muntah. Ini dimaklumi karena pada anak-anak berusia 4-10 tahun, amandel merupakan organ yang berfungsi sebagai pertahanan tubuh. Kalau organ ini terganggu, anak akan mudah mengalami sakit.
Amandel pada anak-anak di bawah 10 tahun berfungsi untuk menghambat masuknya kuman lewat mulut, hidung, dan tenggorokan. Kuman-kuman itu kalau sudah masuk ke tubuh anak-anak, berpotensi menjadi tempat subur bagi penyakit. Pasti orang tua akan sedih melihat anaknya yang gampang sakit.

Ciri-Ciri Amandel
Ada dua jenis amandel yang diderita anak-anak. Pertama, amandel yang bersifat akut. Gejalanya adalah anak jadi demam, nyeri ketika menelan makanan, dan muntah-muntah. Yang kedua adalah amandel kronisCiri-ciri amandel adalah anak batuk, pilek, suara kurang kelas. Selain itu, anak sering tidur dengan kondisi mulut terbuka, aktivitas menurun karena mudah lemas, dan anak juga lebih sering tidur.    
  Pencegahan amandel bengkak dapat dilakukan dengan mengurangi konsumsi es, makanan yang pedas, dan makanan yang banyak mengandung asam. Untuk memperkuat daya tahan tubuhnya, anak diminta makan yang kandungan nutrisinya seimbang. Seperti banyak mengonsumsi sayur dan buah.
Ketika anak mengalami demam yang disebabkan amandel, orang tua harus mengatur pola makannya. Anak diminta untuk minum banyak air atau cairan, seperti susu dan sari buah. Usahakan memberi makan anak dalam bentuk lunak, sehingga mengurangi rasa sakit saat menelan.
Bawang dayak merupakan salah satu obat herbal amandel, tanaman yang berkhasiat untuk mencegah pembengkakan amandel pada anak-anak. Cara mengonsumsinya adalah, ambil sekitar 10 siung Bawang Dayak, bersihkan, cuci, lalu direbus sampai mendidih. Airnya lantas diminum sehari tiga kali. Meminum air sari Bawang Dayak secara rutin akan menghambat pertumbuhan amandel. Agar dapat diterima oleh lidah anak-anak yang suka manis, dapat ditambahkan gula.
Air rebusan Bawang Dayak berwarna merah kecoklatan, seperti teh yang diseduh. Secara psikologis, anak tidak akan merasa aneh dengan minuman yang bisa jadi dianggapnya aneh ini. Cara alami ini sangat manjur dan tidak memiliki efek samping. Kandungan nutrisi Bawang Dayak akan membantu kekebalan tubuh anak-anak.
Orang tua tidak perlu sampai mengeluarkan biaya rumah sakit yang besar untuk operasi pengangkatan amandel. Deteksi sejak dini diperlukan sebelum amandel membesar. Maka orang tua harus rutin memeriksa kesehatan anaknya, memintanya membuka mulut. Untuk melihat apakah amandel di tenggorokannya semakin besar atau tidak.  (JAB)



Post a Comment