Band dan Fashion Trend

Oleh Arda Dwi Rahayu

Televisi merupakan sebuah media hiburan yang paling diminati di negeri ini. Berbagai tayangan kita saksikan di dalamnya, mulai dari acara berita, lawakan, gosip hingga acara pertunjukan musik. Belakangan ini dunia musik Indonesia sedang mengikuti sebuah trend yang datang dari Korea. Trend yang saat ini sedang digemari ialah Boyband dan Girlband.
Tak jarang dari mereka memiliki kemampuan vokal kelas dunia dan koreografi yang apik. Namun tidak secara keseluruhan girlband yang melejit memiliki skill vocal yang mumpuni, sebagian dari mereka justru hanya menjual trend busana dan keindahan tubuh, bahkan tanpa sedikit pun memperhatikan kemampuan vokalnya.
Jika melihat kebudayaan Korea, yang sejak usia SD hingga  dewasa mengenakan rok mini tinggi di atas lutut memang sudah menjadi hal yang lumrah, bahkan seragam sekolah pun menggunakan model baju yang demikian. Lalu, ketika kebudayaan Korea ini dibawa ke Indonesia, apa kecenderungan yang akan terjadi?
Jika diperhatikan, trend fashion girlband yang melejit di belantika musik nusantara saat ini adalah “utuh” mengadopsi model pakaian Korea. Acara musik yang sedianya digunakan sebagai ajang menyalurkan aspirasi seni, saat ini justru beralih sebagai kiblat fashion bagi generasi muda.
Hal ini juga akan mempengaruhi kenakalan remaja. Ketika dua puluh tahun yang lalu kenakalan remaja berpacaran mungkin masih dianggap tabu, namun berbeda dengan saat ini, ia seakan jadi keharusan. Dari pergeseran inilah, tak dapat diingkari hal itu akan meningkatkan angka remaja yang terlibat free sex.
Menjadi sebuah keharusan bagi lembaga pengawasan penyiaran, untuk meregulasi ulang acara stasiun televisi. Sangat diharapkan media mampu mendidik anak bangsa menjadi lebih berwawasan intelektual, bukan justru menciptakan generasi yang bermental hedonis.

Arda Dwi Rahayu, 
Mahasiswa Prodi BKI Bimbingan Konseling Islam STAIN Purwokerto, 
berproses bersama PMII Rayon Dakwah Purwokerto, 
juga aktif di Teater Komunitas Teater Didik.


Post a Comment