Aksi Menuntut Bahasa Daerah Masuk Kurikulum

Yogyakarta-WAWASANews.com
Dok. www.wawawasanews.com
Ratusan massa yang mengatasnamakan Forum Peduli Bahasa Daerah pada Selasa (15/1/2013) kemarin melakukan long march dari kampus UNY ke gedung DPRD Yogyakarta. Mereka menuntut dimasukkannya Bahasa Daerah dalam Kurikulum 2013.
Dengan mengenakan pakaian adat dan surjan, massa menggelar orasi dengan bahasa Jawa serta menyanyikan tembang Jawa sebagai bentuk kepedulian terhadap kearifan lokal. Mereka juga membawa berbagai poster berisi tuntutan dimasukkannya bahasa daerah sebagai mapel sendiri, tidak terintegrasi dalam mapel seni dan budaya.
Koordinator aksi, Iriana Famuji Widodo menuturkan, "Ditiadakannya mata pelajaran Bahasa Daerah menunjukkan pemerintah kurang bertanggung jawab dalam memelihara, menghargai dan mengembangkan bahasa daerah seperti amanat Undang-Undang".
Aksi tersebut mendapat perhatian dari sejumlah anggota dewan yang menemui massa. Mereka berjanji akan memberikan dukungan sepenuhnya agar bahasa daerah tetap utuh menjadi satu mata pelajaran. Melalui aksi ini, diharapkan juga akan muncul dukungan dari seluruh elemen masyarakat. (Sofyan)


Post a Comment