Lebih Mudah Belajar PAI

Oleh Thomas Utomo

Judul     : Buku Game Edukatif Untuk Pelajaran PAI SD Kelas 1-3
Penulis   : Edi Sulis Purwanto
Penerbit : Diva Press
Cetakan : Pertama, Juli 2012
Tebal     : 140 halaman
ISBN     : 978-602-7665-11-8
Harga    : Rp 35.000,-

Metode pembelajaran berperan sebagai alat untuk menciptakan proses pembelajaran. Melalui metode, diharapkan tumbuh berbagai kegiatan belajar siswa sehubungan dengan kegiatan pembelajaran yang disutradarai oleh guru. Terciptalah interaksi edukatif. Dalam interaksi tersebut, guru berperan sebagai pembimbing atau sutradara, sementara siswa berperan sebagai pelakon atau pelaksana. Proses interaksi tersebut dapat berjalan baik apabila siswa lebih banyak aktif dibandingkan guru. Oleh karena itu, metode pembelajaran yang baik adalah metode yang dapat menumbuh-kembangkan kegiatan belajar siswa.
Menurut Zuhairini dkk. dalam Metodik Khusus Pendidikan Agama (1983; CV Usaha Nasional), metode pembelajaran yang digunakan dalam Pendidikan Agama Islam (PAI) lebih ditekankan pada metode dril (penubian), ceramah, tanya-jawab, pemberian tugas belajar, imla (dikte), dan sejumlah metode “klasik” lainnya. Barangkali untuk saat ini metode-metode tersebut sudah usang. Tapi kenyataannya, masih banyak guru PAI yang menggunakan metode-metode itu dalam ruang-ruang kelas. Akibatnya, dari tahun ke tahun, nyaris belum ada perubahan yang signifikan, baik dari segi kualitas maupun hasil pembelajaran. Bahkan bagi sebagian besar siswa, pelajaran PAI itu menjenuhkan karena metode yang digunakan monoton, sementara materi yang harus dikuasai siswa terbilang banyak.
Oleh karena itu, kehadiran buku karya Edi Sulis Purwanto ini patut dianggap sebagai angin segar sekaligus menjawab tantangan perubahan bagi pembelajaran PAI yang cenderung stagnan. Disajikan dalam dua bagian atau bab, buku yang khusus diperuntukkan bagi kelas rendah (SD kelas I-III) ini memuat total 76 game, dengan perincian 28 game untuk kelas I, 23 game untuk kelas II, dan 25 game untuk kelas III.
Secara substansial, seluruh game yang ditawarkan tidak semata just for fun, melainkan juga bermuatan edukatif. Memadailah disebut beberapa game di sini, seperti pohon malaikat (h. 10), layang-layang bertanya (h. 15), tusuk awan (h. 36), huruf-huruf misterius (h. 54), tusuk huruf (h. 59), dan IMUT (h. 78) yang semuanya disajikan dengan bentuk, corak, tata letak, dan tipologi huruf juga gambar yang beragam lagi menarik pandang.
Meski ditujukan bagi pelajaran PAI, namun dengan sedikit modifikasi dan penyesuaian, game-game dalam buku ini dapat juga digunakan dalam mata pelajaran lain, tergantung kreativitas dan kejelian guru.
Sayangnya, ada sekelumit kekeliruan dalam buku ini, antara lain dalam hal penulisan jenjang kelas. Baik di sampul maupun dalam buku, tertera “SD Kelas 1-3”. Sesungguhnya, apabila mengacu pada tata bahasa Indonesia yang tepat, tulisan yang lebih sempurna adalah “SD Kelas I-III,” yaitu menggunakan angka romawi, bukan angka latin. Angka romawi sebaiknya digunakan untuk urutan, peringkat, atau jenjang. Sementara angka latin diperuntukkan bagi seri atau jenis.
Lain daripada itu, pada halaman 21, bagian game daun-daun bertanya, terdapat tulisan di atas daun yang tidak nampak jelas karena dicetak menggunakan warna perak, sementara warna latarnya biru muda. Hal ini agak kurang nyaman bagi mata. Namun sekelumit kekeliruan itu, tidak lantas mengurangi mutu maupun kemolekan buku yang dicetak full color dan dilengkapi kunci jawaban game ini.
Selamat membaca dan mempraktikkan!

Thomas Utomo,
guru SD Universitas Muhammadiyah Purwokerto 

Post a Comment