Gerakan Jum’at Bersih, Sadar Lingkungan dan Sosial

Semarang-WAWASANews.com
Tanda tangan komitmen hidup bersih
Sebagai bentuk kepedulian terhadap kebersihan lingkungan, Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Baiturrahman (LAZISBA) menyelenggarakan “Gerakan Jumat Bersih & Peduli Sosial” di Bundaran Simpanglima Semarang pada Jumat (22/2).
Sejumlah 350 orang peserta yang terdiri dari para relawan LAZISBA dan murid SMP Islam Sultan Agung 1 turun ke jalan untuk memungut sampah dan membersihkan daerah di sekitar Simpanglima. Dimulai dari halaman Masjid Baiturrahman, jalan Gajah Mada, Ahmad Dahlan, Pandanaran, Ahmad Yani, Erlangga, hingga jalan Pahlawan. Selain membersihkan taman, jalan, dan beberapa tempat di komplek Simpanglima, para peserta juga membawa misi sosial, yakni membagikan makanan untuk kaum duafa.
Dalam sambutannya, Guru SMP Islam Sultan Agung 1, Hartono memberikan motivasi kepada para peserta sebelum turun ke jalan. “Menjaga kebersihan termasuk salah satu budaya islami sebab kebersihan adalah sebagian dari iman,” jelasnya.
Acara yang terselenggara berkat kerja sama dengan Rasika FM, SMP Islam Sultan Agung 1, dan Bandeng Presto Iwak’e ini ditujukan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya hidup bersih. Cara pertama untuk memulai hidup bersih adalah dengan menjaga kebersihan lingkungan. Lingkungan yang bersih dan sehat menjadikan orang yang tinggal di dalamnya merasa nyaman. Bisa dikatakan, lingkungan yang bersih merupakan pangkal dari hidup yang sehat. Sebaliknya, lingkungan kotor menjadi sumber datangnya berbagai macam penyakit.
Sebagai bukti nyata dan komitmen untuk hidup bersih, seluruh peserta membubuhkan tanda tangannya pada kain putih sepanjang 10 meter. Dengan penandatanganan pernyataan untuk sadar dan aktif menjaga keindahan lingkungan, peserta diharapkan mulai membiasakan diri hidup bersih di manapun mereka berada.
Di beberapa kota seperti Bandung, Jakarta, Surabaya, dan Yogyakarta, gerakan sadar kebersihan serupa sudah digalakkan. “Perbedaannya, acara ini bisa dikatakan mempunyai nilai plus tersendiri dibandingkan gerakan kebersihan pada umumnya sebab mengusung misi ganda, yakni mencanangkan gerakan peduli kebersihan lingkungan sekaligus peduli kondisi sosial kaum duafa lewat sedekah makanan,” ucap Manajer Operasional LAZISBA, Slamet Surachmat. (Asrof)

Post a Comment