Udinus Gelar Pelatihan Pekerti

Semarang-WAWASANews.com
Memaparkan: Sugiharto saat memberikan pemaparan,
didampingi Rektor Udinus Edi Noer Sasongo (Foto: Agustri)
Sebanyak 50 orang dosen di lingkungan Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang, Selasa (26/2) hingga Jumat (2/3), mengikuti pelatihan Pekerti (Pengembangan Ketrampilan Dasar Teknik Instruksional), di Ruang Rapat Rektorat Jl. Imam Bonjol 205 Semarang, hasil kerjasama dengan Kopertis wilayah VI Jawa Tengah.
Peserta terdiri atas dosen-dosen yang tersebar di program studi dan fakultas yang ada di Udinus. Pekerti merupakan bentuk pelatihan yang diorientasikan bagi dosen muda agar memiliki kemampuan pedagogik (pembelajaran) yang berkualitas. Pemateri dalam pelatihan ini berasal dari Kopertis yang telah memiliki kompetensi khusus.
Rektor Dr Ir Edi Noer Sasongko, M. Kom dalam sambutannya mengatakan pelatihan Pekerti merupakan hal yang fundamental bagi seorang dosen. “Kegiatan pelatihan ini menjadi hal yang sangat penting untuk diikuti bagi dosen dalam rangka proses peningkatan mutu, baik secara personal maupun kelembagaan, khususnya Udinus. Kualitas dosen menjadi salah satu prioritas dalam meningkatkan pendidikan,” ujarnya.
Sementara itu, Koordinator Kopertis wilayah 6 Jawa Tengah Prof. Dr. DYP Sugiharto, M.Pd, menyampaikan peran dosen yang memiliki kontribusi penting dalam meningkatkan mutu pendidikan, khususnya di Jawa Tengah. Ia berharap dosen mampu mendidik secara profesional dan juga menjadi ilmuwan yang dapat melakukan transformasi, mengembangkan, menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, maupun hal-hal lain yang memperkuat profesi dosen melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi.
“Dosen harus profesional dan juga harus menjadi ilmuwan yang tangguh. Keduanya harus balance agar terbentuk karakter yang kuat. Khususnya dosen-dosen Udinus, kami berharap menjadi pelopor intelektual bagi yang lain, karena kami optimis kampus ini mampu mewujudkannya,” ujar Sugiharto. (Agus Triyono)

Post a Comment