Memetik Tangga Kesuksesan

Oleh Moh. Romadlon

Judul Buku           : Kisah-Kisah Ajaib Pengubah Hidup
Penulis                : Ustadz Amrin Ali Hasan
Penerbit              : Sabil
Tebal                  : 204 halaman
Cetakan              : I, Maret 2013
ISBN                  : 978-602-7723-37-5

Di balik kesuksesan sesorang tentu selalu ada proses penghantar yang menarik untuk ditarik pelajaran. Sayang, kebanyakan “mata” kita hanya suka terpaku pada hasil, enggan untuk mengulik lika-liku di balik itu. Padahal di sanalah kita akan bisa menemukan “tangga” untuk memetik sukses seperti mereka. 
Dalam buku setebal 204 halaman ini akan disajikan kisah-kisah orang sukses yang mengalami problema-problema yang sulit, rumit, dan pelik. Namun berkat ketekunan, ketegaran, dan tekad kuat untuk berubah serta ditopang dengan merutinkan ibadah sunnah seperti puasa, shalat, sedekah, dan membaca Al-Qur’an bukan saja mereka berhasil mengatasi dan keluar dari masalah yang dihadapi, lebih dari itu mereka akhirnya mampu meraup kesuksesan yang mengejutkan.
Salah satunya kisah Lukman. Dia awalnya hanya seorang buruh pabrik sabun. Meski gaji yang diterima sudah cukup besar, namun jiwa entrepreneur Lukman berkobar, menuntunnya untuk segera keluar dari perusahaan dan mendirikan usaha sendiri. Dia membuka usaha konveksi. Tentu awal buka hasil usahanya masih jauh di bawah gaji waktu kerja di pabrik. Tapi berkat ketekunan dan kegigihan akhirnya sukses di bisnis ini. Dan, ia pun menanamkan tekat berbisnis pada anak-anaknya, sehingga mereka –mesti tak semua- tumbuh menjadi para pebisnis sukses di Jawa Timur. Selain keuletan ternyata rahasia besar kesuksesannya terletak pada ke-istiqomah-annya menjalankan shalat Dhuha. (hlm. 40-42).
Kisah berikutnya datang dari Drs Rully Setiawan. Lelaki yang sekarang masuk dalam jajaran pengusaha kaya raya ini sejak kuliah memang sudah akrab dengan dunia usaha. Saat itu dia menjadi penjual buku kecil-kecilan yang diambil dari beberapa penerbit. Dia menggelar dagangannya hanya dengan beralas koran. Tapi usaha ini tak mulus. Kerugian demi kerugian memaksanya untuk segera gulung tikar. Tanpa ada modal, dia pun terjun menjadi kuli bangunan. Dari kerja ini dia mulai mengumpulkan modal untuk sebuah “benih” usaha baru. Dan, dari situ titik awal kesuksesan dimulai. Hingga lelaki yang sekarang memiliki dua anak ini akhirnya tercatat sebagai salah satu miliarder. Tentu kesuksesan Rully tak datang dengan proses yang gampang. Selain pantang menyerah, dia pun selalu rutin menjalankan puasa sunnah Senin-Kamis. Beliau yakin dengan merutinkan puasa ini kesuksesan akan selalu berpihak pada kehidupannya dan kebutuhannya pun akan ditanggung oleh Allah. (hlm. 84-87).
Kisah sukses lainnya dipetik dari Fauzi Saleh. Pemilik perumahan elit Pesona Khayangan dan Pesona Depok ini dulunya hanya kuli pencuci mobil dan bekas penjaga gudang. Hasil dari kegigihan dan keuletannya menjalani proses merubahnya menjadi bos dengan ratusan karyawan. Selain itu, suksesnya ditopang pula oleh sikap dermawan dan perhatian terhadap kesejahteraan karyawan. Ini terlihat dari manajemen yang diterapkan, yakni manajemen kasih sayang dimana karyawan ditempatkan sebagai kekasih. Karena merekalah, saya mendapatkan banyak berkah dan rizki, tegasnya. Fauzi tidak segan-segan memberikan 50 mobil bagi 50 karyawaan saat ulang tahunnya. Dan memberi bonus 1 bulan gaji pada karyawan lainnya. Total gaji yang diterima karyawan dalam setahun adalah 22 kali. Tidak hanya materi yang diberikan. Fauzi pun rutin mengadakan pengajian akbar yang dihadiri seluruh karyawan, keluarga, dan kerabat. Semua yang hadir dijatah 3 stel gamis dan sarung, sekotak nasi dan uang 10,000. Semua lebur dalam suasana hangat kekeluargaan sehingga hilanglah jarak antara atasan dan bawahan. (hlm. 187-190).  
Selain kisah-kisah mereka, masih banyak kisah inspiratif lainnya. Sebut saja, kisah Suprapto Adi Kusumo; anak orang miskin yang menjadi rektor, kisah Kamalil Ersyad; DPR yang selalu dekat dengan kaum dhu’afa, kisah tukang sampah yang sanggup membiayai istrinya naik haji, dll.
Dari semua kisah orang sukses dia atas kita ada hikmah besar yang pantas diteladani. Di balik setiap kesuksesan sejati selalu ada sinergi yang serasi antara keseriusan usaha dengan keistiqomahan dalam menjalankan ibadah sunnah.

Moh. Romadlon, tinggal di Rantewringin,
Buluspesantren, Kebumen.

Post a Comment