Peluang Bisnis Ibu Rumah Tangga

Moh. Romadlon

Judul buku        : Rich Mom!
Penulis             : Yuni Oktavia
Penerbit           : Flashbooks
Cetakan           : I, Mei 2013
ISBN               : 978-602-7933-14-9

Bagi seorang istri yang ingin menopang keuangan keluarga tidak selamanya harus menjadi wanita karier. Banyak peluang bisnis yang bisa digarap seorang istri sembari tetap menjadi ibu rumah tangga. Tanpa harus repot-repot keluar rumah, asal digarap dengan serius peluang-peluang tersebut bukan tak mungkin akan membawa ibu rumah tangga menjadi jutawan.
Buku setebal 122 halaman ini akan menyajikan berbagai ide bisnis tersebut. Menariknya, semua peluang bisnis itu tidak membutuhkan modal besar, mudah dijalankan, serta tak membutuhkan sewa tempat karena bentuknya simpel dan cukup dijalankan di dalam rumah.  Pada setiap jenis bisnis juga disertakan simulasi keuangan yang memberi gambaran mengenai jumlah modal dan potensi laba yang bisa diperoleh. 
Bisnis kuliner salah satunya. Bisnis kuliner, semisal warteg ini selalu punya daya pikat sendiri. Bila Anda memiliki pengetahuan yang baik dalam dunia memasak, bisnis ini sangat menjanjikan. Karena keberhasilannya sangat ditentukan kemampuan Anda dalam memasak dan menyajikan. Selain itu, sajian menu beragam dan menarik juga merupakan daya tarik tersendiri bagi konsumen. Dan yang tak kalah penting, berikan bonus atau berlakukan masa promo saat Anda mulai membuka warung Anda.
Selain itu, untuk memulai bisnis ini ada beberapa langkah yang mesti dipahami, antara lain tentukan menu apa saja yang akan Anda sajikan, siapkan tempat, dan mencari tempat belanja bahan baku yang murah. (hlm.16).
Tentu bukan hanya warteg, masih ada warung-warung lain yang bisa dibuka di rumah Anda, semisal warung bubur ayam, bakso, gado-gado, soto ayam, dll.
Peluang bisnis lainnya adalah bisnis camilan. Salah satu bentuk camilan yang menjanjikan adalah donat bakar. Saat ini, donat jenis ini menjadi makanan incaran para pecinta donat karena memiliki sensasi rasa yang luar biasa. Banyaknya permintaan akan donat bakar merupakan awal bagus untuk meraih keuntungan dari bisnis ini. Yang perlu diperhatikan bila Anda ingin memulai usaha ini, antara lain yakinkan Anda akan kemampuan membuat donat yang enak, misalnya melalui kursus. Selanjutnya, sediakan peralatan yang dibutuhkan, tentukan tempat, serta pastikan produk Anda beda dengan yang lain, memiliki cita rasa dan ciri yang berbeda. (hlm. 46-47).
Camilan lain yang bisa digarap antara lain, pisang coklat, serabi solo, keripik tempe, kue pukis, dll.
Jenis usaha selanjutnya merupakan usaha yang bergerak dalam bidang jasa. Laundry kiloan misalnya. Bisnis yang tidak butuh modal gede ini sangat tepat dijalankan oleh ibu rumah. Ini mengingat dewasa ini kebanyakan orang-orang sudah tergerus oleh kesibukannya masing-masing sehingga tak ada waktu untuk mencuci pakaiannya sendiri. Akhirnya mereka tak segan untuk membayar jasa laundry asal pakaian mereka ditangani dengan baik. Salah satu syarat keberhasilan usaha ini adalah hasil cucian yang bersih, rapi, dan wangi. (hlm.73)
Bidang jasa yang juga menggiurkan adalah jasa pengetikan dan printing. Meski harga komputer atau laptop saat ini sangat terjangkau, namun jasa ini masih cukup menjanjikan. Masih banyak konsumen yang membutuhkan. Pasar yang bisa dibidik pun masih luas, dari anak sekolah, mahasiswa atau pun karyawan kantor. Selain modal yang terbilang ringan, bisnis ini pun tidak terlalu banyak menyita waktu, sehingga sebagai ibu rumah tangga, masih dapat menunaikan kewajibannya. (hlm.80). Selain dua bidang jasa tersebut, masih ada ide-ide jasa yang bisa dikelola ibu rumah tangga, misalnya jasa rental komik/buku, rental kaset VCD, les privat, dll.
Masih banyak peluang bisnis lainnya yang dibahas dalam buku ini, seperti bisnis toko kelontong, toko sembako, toko boneka, toko busana, toko alat tulis kantor, konter hp, dll.
Semua peluang bisnis yang dibahas di buku ini memang sangat memikat. Tapi perlu diingat, apapun usaha yang akhirnya Anda pilih, keberhasilannya sangat ditentukan oleh keuletan, keseriusan, dan kemampuan Anda melihat potensi dalam diri Anda dan kemampuan membaca seberapa besar konsumen potensial di lingkungan Anda. Tanpa itu, bisnis Anda tetap hanya berjalan di tempat.  

Moh. Romadlon, penikmat buku, penulis lepas.
Tinggal di Kebumen.

Post a Comment