Awas, Penipu Krismanto di Situs Olx!

Surat Pembaca. 

Pada 14 Juni 2014, saya tertipu oleh seorang pedagang yang memajang produknya di situs www.olx.co.id (dulu terkenal dengan Tokobagus.com). Nilainya tidak terlalu besar, hanya Rp. 175.000,-. Namun, pengalaman ini membuat saya dongkol, mengkel, dendam kepada entah siapa. Ceritanya begini:

Hari itu malam Minggu. Saya kebetulan membutuhkan barang yang sulit dicari. Yakni baterai Notebook HP Mini 100-3000 buat adik saya yang kebetulan memang baterai kepunyaannya sekitar seminggu sebelum kejadian, ngedrop. Saya sengaja mencari barang tersebut di pusat penjualan Laptop Matahari Simpang Lima Semarang.

Atas saran beberapa teman, saya kunjungi beberapa toko perlengkapan spare part laptop/netbook di sana. Muter hingga 20-an toko, tak kunjung menemukan baterai netbook HP Mini 100-3000. Ada satu toko yang sedia barang, namun tidak original. Alias tembakan. Harganya pun lumayan, Rp. 475.000,-.

Kalau baterai netbook-nya Ori, saya tentu akan bayar. Kelemahan baterai tembakan biasanya hanya bertahan dalam hitungan bulan. Kata teman. Karena kecapaian, pegel jalan ke puluhan toko, akhirnya saya kontak salah satu pedagang online di Olx. Nama akunnya: Kris-Deangel (Jadi member Olx sejak 27-10-2009). Sudah lima tahun dia punya akun di situs yang dulunya Tokobagus itu.

Akun penipu Krismanto Sinaga

Ini penampakan akun Kris-Deangel di Olx.co.id

Di lapak Kris-Deangel, dia jual baterai yang saya cari [ternyata dia pajang banyak dagangan, puluhan] dengan harga yang murah, yakni Rp. 33.000,-. Saya tanya apa harga tersebut tidak salah. Lewat nomor hape yang dia pajang (085810654140), si penipu yang bernama lengkap Krismanto Sinaga itu menjawab bahwa harga sebenarnya adalah Rp. 330.000,-.

Harga di atas belum termasuk ongkos kirim, dan barangnya second (bekas). Dia menyebut barang itu “second like new”. Bujuknya, bisa bertahan hingga 4-5 jam. Kepada Krismanto Sinaga, penipu yang ngaku spesialis penjual baterai laptop dan netbook bekas itu, saya nego harga. Deal harga Rp. 175.000,- (sudah ongkir 25 ribu). Wow! Saya tidak berpikir harga tersebut normal atau tidak karena lelah, dirayu, dan memang kurang paham harga barang elektronik semacam baterai.

Saya melakukan negosiasi harga melalui SMS beberapa kali di depan taman Gedung Matahari Simpang Lima Semarang, sambil ngopi di pinggir jalan bersama teman. Karena lelah muter-muter. Akhirnya, saya dikasi rekening si Krismanto Sinaga, penipu di Olx itu. Ini nomor rekening yang saya maksud: 1601172114 (BCA) A.n Krismanto Sinaga.

Bukti transfer ke penipu, yang tergesa-gesa.
Di sebelah tempat saya ngopi, ada ATM. Lansung saja saya transfer. Angan-angan untuk dikirim barang ke alamat terkirim kandas setelah saya searching di Google nama Krismanto Sinaga. Waladalah, dia ternyata sudah punya reputasi tinggi di Google sebagai penipu kelas kurangajar. Korbannya banyak.

Saya SMS puluhan kali pake nomor saya, tak pernah dapat balasan. Begitu saya pakai nomor lain, dibalas. Coba Anda SMS pura-pura order ke Kris-Deangle itu di 085810654140, pasti dibalas. Tapi jangan harap barang akan dikirim bila mau transfer. Kalau toh dikirim, barang tidak sesuai yang diharapkan, alias bosok. Itu menurut pengakuan beberapa korban yang menulis di Kaskus. Anda bisa searching sendiri. Ini akun Krismanto Sinaga di Kaskus. Klik sini. 

Puluhan kali saya transaksi online, baru kali ini saya kena tipu. Maka, hati-hatilah dengan pedagang di Olx yang sekian tahun terpelihara oleh situs www.olx.co.id. Saya menyebut terpelihara oleh Olx karena Krismanto Sinaga sudah malang melintang, melayang, bergentayangan, mencari korban selama bertahun-tahun. Dan akunnya masih aktif, walau banyak testimoni negatif di akunnya bermunculan. Salah satu testimoni penipuannya: Waspada Sama Agan Dexman99.

---------------------------------------------
Data Penipu:
Nama         : Krismanto Sinaga
Nomor Hp   : 085810654140/089692571046 (Nomor masih aktif per Juli 2014). 
Rekening    : 1601172114 (BCA) A.n Krismanto Sinaga. 
Akun di Olx : Kris-Deangel (Akun masih aktif)
Akun Kasku : Dexman99 (Masih Aktif)


Mas Bad
Tahunan, Jepara, Jawa Tengah

Post a Comment