Tomat Dapat Memicu Serangan Gout

Tomat Dapat Memicu Serangan Gout

Daging merah, jeroan, seafood dan beberapa jenis sayuran seperti kangkung dan melinjo diketahui dapat memicu serangan gout sehingga harus menjadi pantangan bagi Anda yang menderita asam urat. Kini ada satu lagi yang harus masuk daftar pantangan Anda: tomat!

Tanya Flynn dan rekan-rekannya dari Universitas Otago meneliti hubungan antara diet dan serangan gout secara lebih mendalam. Tim itu mewawancarai lebih dari 2.500 penderita asam urat (hiperurikemia) dan menanyakan apakah ada makanan tertentu yang memicu serangan gout dan apa saja makanan tersebut. Sekitar 71 persen mengatakan bahwa makanan tertentu memicu serangan gout mereka dengan seafood berada di peringkat tertinggi 63 persen, alkohol 47 persen dan daging merah 35 persen.

Tomat di tempat keempat

Namun ternyata ada pemicu potensial lain: sekitar 20 persen responden menyatakan bahwa tomat bertanggung jawab atas serangan gout mereka. Ini merupakan fakta baru karena biasanya tomat tidak termasuk dalam daftar.

Flynn dan rekan-rekannya menyikapi hasil survei tersebut sebagai peluang untuk meneliti lebih lanjut bagaimana tomat dicerna dalam tubuh. “Kami ingin tahu apa mekanisme biologis di balik itu,” kata mereka.

Untuk itu, tim peneliti menganalisis data lebih dari 12.700 pria dan wanita yang dikumpulkan dalam tiga studi kesehatan jangka panjang di Amerika Serikat. “Kami telah menemukan bahwa tomat meningkatkan kadar asam urat pada tingkat yang setara dengan seafood, daging merah atau alkohol,” kata Flynn. Namun demikian perlu studi lebih lanjut untuk mendapatkan bukti akhir bahwa tomat benar-benar berada dalam daftar resmi makanan pemicu serangan gout, kata mereka.

Terlalu banyak asam urat dalam darah

Jika kadar asam urat terlalu tinggi, ginjal tidak bisa lagi menyaringnya dalam jumlah yang cukup dari darah. Akibatnya, unit-unit kecil asam urat kemudian bergabung membentuk kristal jarum yang tajam. Kristal ini disimpan dalam jaringan organ internal dan sendi-sendi. Di sana mereka menyebabkan nyeri hebat dan bahkan kerusakan permanen. Pada kebanyakan pasien, kerusakan permanen tersebut baru akan terlihat di kemudian hari. (Lihat artikel: 4 Tahap Perkembangan Penyakit Asam Urat).

————————————–
Sumber: Lynn T.J. et al.: “Positive association of tomato consumption with serum urate: support for tomato consumption as an anecdotal trigger of gout flares.” BioMed Central Musculoskeletal Disorders (2015). doi: 10.1186/s12891-015-0661-8


Post a Comment