Guru adalah Petani Peradaban -->
Cari Berita

Advertisement

Guru adalah Petani Peradaban

WAWASANews.com
Jumat, 22 Maret 2013
Download Ngaji Gus Baha

Flashdisk Ribuan Kitab PDF
Oleh Hibatun Wafiroh

Judul         : Menjadi Guru Inspiratif
Penulis       : A. Fuadi, dkk
Penyunting : M. Iqbal Dawami dan Ikhdah Henny
Penerbit     : Bentang Pustaka, Yogyakarta
Cetakan     : I, Desember 2012
Tebal         : v + 186 halaman
ISBN         : 978-602-8811-80-4
Harga        : Rp 39.000,00

A great teacher inspires. Guru yang hebat selalu menginspirasi. Nampaknya itu poin general yang ingin disampaikan dalam buku antologi yang ditulis oleh 14 penulis ini. Meski dalam balutan kisah yang berbeda, para penulis sepakat bahwa guru bukan sekedar mengajar, melainkan juga mendidik dan menggugah untuk selalu berbuat baik.
Bagi A. Fuadi, guru yang baik ibarat petani. Mereka menyiapkan bahan dan lahan belajar di kelas, memelihara baik-baik bibit penerus bangsa, menyirami mereka dengan ilmu dan memupuk jiwa mereka dengan karakter yang luhur (hlm. 1). Mereka petani peradaban yang menentukan kualitas bangsa di masa depan.
Bunga rampai bertajuk Menjadi Guru Inspiratif ini menjadi istimewa setidaknya karena tiga hal. Pertama, kisah yang disajikan merupakan kisah nyata. Kedua, buku ini bertutur dari sudut pandang pendidik dan terdidik. Ketiga, tak ada sekat yang membatasi term guru. Artinya, predikat guru untuk siapa saja yang mendulang ilmu kepada orang lain, baik di lembaga formal maupun nonformal.
Di antara kontributor yang bercerita dengan kapasitasnya sebagai pendidik adalah Rahman Adi Pradana. Alumnus pengajar dari Yayasan Gerakan Indonesia Mengajar ini membagi pengalamannya ketika ditugaskan di SDN Indong, sekolah minim fasilitas di sebuah kampung di Maluku.
Pada satu pagi saat para guru berhalangan masuk sebab mengikuti tes CPNS di Labuha, dia berinisiatif mengadakan upacara bendera. Karena sudah dua tahun ditiadakan, siswa-siswi tidak mengenal rangkaian upacara. Rahman menunjuk beberapa siswa dan melatih mereka dengan sabar hingga upacara benar-benar terlaksana hari itu. Semenjak itu, bendera Merah Putih terus berkibar setiap Senin.
Cerita yang berbeda dengan point of view yang sama diuraikan oleh Rakhmawati Agustina. Aktivis Rumah Pintar Bangjo Semarang ini mengajar anak-anak jalanan di tengah pasar sewaktu kios-kios sudah tutup. Mengajar mereka begitu menantang. Ia harus menjemput satu per satu anak didiknya; menjaga mereka agar tetap mood belajar; menyiapkan bahan ajar yang tak sama disesuaikan kemampuan mereka; menahan emosi akibat ulah mereka yang menjengkelkan; dan melerai mereka ketika terlibat adu mulut. Usai belajar Rakhma menyisipkan sesi bercerita untuk menambah keakraban.
Sedangkan dari sisi peserta didik, Muhammad Al Aliy Bachrun menyuguhkan cerita mengenai gurunya di Pondok Modern Darussalam Gontor yang selalu mengulang hal yang sama dalam beragam kesempatan. Ping sewu (seribu kali), istilahnya. Sesuatu yang berulang kali disampaikan akan terasa membosankan. Efek positif dari ping sewu baru dirasakannya tatkala secara mendadak dia ditunjuk untuk memberi prakata di hadapan sekelompok siswa yang hendak berlomba. Kata-kata gurunya langsung muncul di ingatan dan mampu meletupkan semangat para peserta lomba.
Bachrun menyadari bahwa pengulangan itu ternyata membentuk rekaman dalam pikiran bawah sadar yang kelak akan refleks teringat kembali ketika si empunya membutuhkannya (hlm. 57)..
Masih dalam lingkungan pondok pesantren, Nabila Anwar meriwayatkan tentang Kiai Anwar Manshur yang selalu memberi teladan yang baik kepada santri-santrinya. Sederet kalimat lisanul hal afshahu min lisani maqal (pelajaran lewat keteladanan lebih mudah diterima daripada pelajaran lewat lisan belaka) pantas disematkan kepada kyai.
Pengalaman lain yang tidak kalah menarik dituturkan oleh Dewi Yuliasari. Ia memperkenalkan kurikulum cinta. Baginya, kurikulum cinta berada di urutan teratas. Sebuah cinta yang akan mendorong para siswa untuk lebih bersemangat mengikuti pelajaran di dalam kelas. Dan, semangat itu yang nantinya menghasilkan energi terbaik untuk pencapaian hasil terbaik, bukan hanya sebatas nilai (hlm. 135). Dewi mencintai seluruh muridnya tanpa kenal kasta. Terhadap anak yang bandel sekalipun, cintanya tidak berkurang. Ia percaya ungkapan love can change the world.
Selain kisah-kisah di atas, masih ada delapan kisah inspiratif yang patut dibaca. Sayangnya, Ahmad Fuadi—yang dinasihati almarhum kiainya untuk meluangkan waktu guna mengajar—tidak membagi pengalamannya sebagai guru. Meskipun demikian, buku ini layak menjadi recommended book bagi mereka yang ingin menjadi guru hebat.

Hibatun Wafiroh, lahir di Demak, pernah aktif di FLP IAIN Sunan Ampel dan Islamic Journalism Community (IJC) Surabaya.
Jual Kacamata Minus

close
Jual Flashdisk Isi Ribuan Buku Islam PDF