Jasa Pelatihan Menulis Ke Koran


Menulis artikel ke media itu mudah, namun tak semudah banyak orang mengira. Banyak penulis buku buktinya jarang yang produktif menulis di koran harian, baik cetak maupun online. Wartawan yang setiap hari menulis pun, jarang yang mampu, mau atau tidak punya kesempatan menulis artikel di koran mereka sendiri.
Mengapa demikian? Menulis artikel membutuhkan kepekaan menangkap isu paling aktual dan sedang hangat dibicarakan banyak orang dari pelbagai latar belakang. Cara membaca masalah pun harus ringan, tidak bertele-tele seperti menulis karya ilmiah, skripsi, tesis dan disertasi. Analisa penulis artikel media massa dituntut pendek, namun bukan berarti tak berbobot. Bahasa yang digunakan sebisa mungkin dihindarkan dari diksi-diksi kata yang sulit dipahami. Artinya, bahasa artikel harus popular, umum, namun efektif untuk menyampaikan ide sebatas 6000-8000 karakter. Inilah yang membuat banyak penulis di koran lelah, namun menikmati sangat.
Dalam satu rubrik koran, redaktur hampir setiap hari menerima puluhan bahkan ratusan naskah dari penulis lepas dengan latar belakang disiplin ilmu dan ketertarikan tema yang berbeda. Padahal, sehari paling-paling yang diterbitkan redaktur hanya 1-6 buah artikel. Tergantung kebijakan redaksi dan rubrikasi yang diterbitkan. Belum tentu seorang profesor, dengan gelar profesor-nya, lolos dari meja redaksi. Anda yang berani mengirim ke email redaksi media, harus siap berhadapan dengan penulis atau intelektual yang lebih tinggi pengalaman menulis dan pengetahuannya dari Anda. Lawan menulis ke koran itu gaib, tidak Anda dikenal, namun mematikan.
Kabar baiknya, tantangan semacam itu harus dihadapai oleh praktisi-praktisi seperti Anda yang membutuhkan publikasi untuk menunjang karir, popularitas, dan seterusnya. Kebijakan pemerintah untuk menaikkan tunjangan para pengabdi-nya ternyata juga tidak jauh dari menulis. Sertifikasi guru misalnya, atau mereka yang meginginkan kenaikan pangkat yang lebih tinggi demi kesejahteraan yang lebih baik, diwajibkan untuk menulis ke media massa sebagai salah satu syarat. Sayangnya, banyak yang akhirnya menggunakan jasa joki menulis dengan imbalan uang.
Diroz mencoba menawarkan solusi kreatif kepada Anda yang membutuhkan keterampilan menulis di koran, bukan sebagai joki, namun dalam bentuk PELATIHAN MENULIS SEHARI. Karena kami sadar, menulis itu keterampilan yang tidak bisa diwakilkan seperti jual beli. Menulis seperti kemampuan bermain gitar, yang harus dikembangkan hanya dengan satu hal; praktek dan latihan.
Kami memiliki tenaga ahli, terampil, berpengalaman, yang tulisannya sudah ratusan bahkan ribuan judul termuat surat kabar di Indonesia. Untuk mendatangkan sebagai pembicara, sangat mudah, dengan biaya yang sangat-sangat terjangkau.

PAKET A (Rp. 1 Juta)
           Bagi 10 peserta. Maksimal. Kelas bisa dimulai dari pagi hingga selesai maksimal sore. Selanjutnya, selama sebulan akan dibimbing per-minggu, datang langsung ke lokasi, belajar bareng. Maksimal 3 jam per-pertemuan kelas. Konsultasi menulis hingga berhasil dengan baik, dimuat.

PAKET B (Rp. 750 Ribu)
        Peserta kelas minimal ada 2 kelompok. Ini khusus untuk pelatihan pembuatan majalah atau buletin bagi siswa-siswa kreatif sekolah, organisasi atau lembaga. Akan dibimbing sampai terbit perdana, dan dianggap mampu diteruskan secara berkala oleh peserta yang sudah menjadi redaktur media barunya itu.  

Catatan:

Pengalaman pelatihan kami lebih dari 1000 jam yang diselenggarakan di pelbagai kota dan institusi; sekolah, kampus, ormas, dll. Dengan pelbagai latar belakang peserta; guru, dosen, siswa, mahasiswa, pegawai negeri, karyawan, pebisnis, dan komunitas-komunitas lain yang tertarik jagat menulis ke koran, dan butuh, perlu.

Tarif per-paket hanya berlaku bagi Anda yang berdomisili di Kota Semarang, Kabupaten Semarang, Kendal, Demak, Jepara, Kudus, Pati, Grobogan, Rembang, Batang dan Pekalongan. Di luar wilayah tersebut, ada biaya tambahan transportasi, sesuai kesepakatan. Lebih dari sehari pelatihan, tentu harus dengan negosiasi dulu. Biaya paket untuk pendanaan lembaga kami, serta 10 buku saku tentang menulis buat peserta minimal.  

***
Keterangan lebih lanjut soal materi pelatihan, silakan kontak: 085.868.862.862 (Diroz Institute Semarang), atau datang saja ke perwakilan kami di Kantor Redaksi Portal WAWASANews.com:  Jl. Tanjungsari Utara VI/10, Tambak Aji, Ngaliyan Semarang 50185 (Rumah Digital Sebelah Barat Replika Ka’bah).


Post a Comment