Manfaat Kepiting: Dari Obat Sampai Disukai Tuyul -->
Cari Berita

Advertisement

Manfaat Kepiting: Dari Obat Sampai Disukai Tuyul

WAWASANews.com
Kamis, 28 Juni 2018
Download Ngaji Gus Baha

Flashdisk Ribuan Kitab PDF
Gambar yuyu atau kepiting Jawa
WAWASANews.com - Fauna
Kepiting atau sering di sebut yuyu (Jawa) adalah hewan yang bisa hidup di darat maupun sungai. Binatang ini adalah binatang dengan anggota krustasea atau berkaki sepuluh dan mempunyai ekor yang sangat pendek.

Kepiting mempunyai capit dua kanan dan kiri yang sangat kuat. Hewan ini sangat bisa dimanfaatkan, khususnya para petani, agar agar sawahnya tidak di serang tikus. Selain itu, yuyu juga memiliki banyak khasiatnya sebagai obat juga.

Yuyu atau kepiting ini diyakini bisa digunakan sebagai obat liver karena banyak mengandung kalori dan protein sangat tinggi. Tapi hewan ini dianggap haram dimakan bagi kalangan umat Islam.

Hewan yuyu lebih sering hidup di daerang air dan lumpur. Yuyu sawah memiliki warna dan ciri khas yang mudah dikenali: warnanya coklat kekuning kuningan. Yuyu membuat rumah di dalam tanah dengan lubang lubang ke bawah. Konon, yuyu sangat disenangi tuyul untuk bermain tuyul yang sering mencuri uang orang orang.

Meskipun yuyu sawah banyak manfaatnya dan banyak kandungan gizi protein dan zat besi tapi jangan dikonsumsi setiap hari ya. Ada yang pernah mencoba makan yuyu, ternyata membuat kepala  jadi pusing dan mual. Yuyu bisa adalah sejenis kepiting ini menyebar terbatas di Jawa dan Bali. (ab)

Jual Kacamata Minus

close
Jual Flashdisk Isi Ribuan Buku Islam PDF