30 June, 2018

8 Manfaat Berwudlu Bagi Kesehatan Tubuh

BACA DAN SHARE JIKA BERMANFAAT!
Manfaat wudhu bagi kesehatan
Oleh Prama Haditya Bayu Putra

WAWASANews.com - Islam adalah agama yang menjadikan sholat sebagai kewajiban yang harus dilakukan untuk seluruh umatnya. Sholat menurut etimologi artinya doa atau doa kebaikan. Adapun menurut terminologi syariat adalah perkataan-perkataan dan perbuatan-perbuatan tertentu yang diawali dengan takbir dan diakhiri dengan salam.

Disebut sholat karena ibadah ini adalah komunikasi secara langsung antara hamba dengan Robb dengan tujuan untuk mengagungkan, bersyukur, berdoa memohon rahmat dan ampunan kepada Allah agar memberikan berbagai anfaat besar pada si hamba, baik di dunia maupun di akherat.

Dalam Islam, sholat memiliki kedudukan yang paling tinggi. Karena selain sebagai tiang agama, sholat juga merupakan salah satu diantara rukun Islam. Selain itu, sholat juga menempati puncak piramid ibadah, karena seluruh ibadah dan perintah syariat diturunkan kepada Nabi melalui perantara Malaikat Jibri.

Dalam mendirikan sholat mempunyai syarat-syarat yang harus dilakukan untuk mensucikan badan dan pakaian dari kotoran, bersuci dari hadas besar dengan mandi dan bersuci dari hadas kecil dengan berwudhu.

Selain sebagai syarat untuk sholat, berwudhu juga mempunyai manfaat yang lain dalam bidang kesehatan yaitu mengembalikan keseimbangan tubuh, mengatasi peningkatan suhu tubuh, menghilangkan bakteri dan mikroba jahat, melindungi kulit dari peradangan maupun kanker, mencegah penuaan dini ataupun kulit keriput, merelaksasikan otot-otot tubuh, merelaksasi saraf-saraf pada tubuh, melindungi organ tubuh dari peradangan, mencegah terserang ISPA (Inspeksi Saluran Pernapasan Atas) dan TBC, dll.

Wudhu dengan menggunakan air sangatlah bermanfaat karena dapat menstimulasi irama tubuh secara alami pada titik-titik biologis manusia. Jika melakukan gerakan wudhu dengan benar dan secara rutin maka akan memiliki efek positif bagi kesehatan tubuh.

Berikut manfaat gerakan wudhu bagi kesehatan:
a). Membasuh Kedua Pergelangan Tangan sampai Jari-jari
Pada saat kita membasuh pergelangan tangan dapat membersihkan dari bakteri yang menempel melalui sentuhan-sentuhan telapak tangan kita. Selain membersihkan telapak tangan, kita juga dianjurkan untuk membersihkan kuku dan sela-sela jari. Sebagaimana bermanfaat untuk membersihkannya dan mencegah berkembang biak cacing pita yang berada di daerah tersebut.

b). Berkumur
Pada saat berkumur, dapat membersihkan mulut dari kotoran bekas makanan di gigi, menghilangkan bau mulut, menghilangkan bakteri-bakteri jahat dan mencegah peradangan di gigi, gusi, serta tenggorokan. Selain itu manfaat dari berkumur lainya ialah dapat memperkuat otot-otot wajah dan menjaga bibir agar tetap lembab.

c). Menghirup Air ke dalam Hidung
Menghirup air ke dalam hidung sebanyak tiga kali merupakan sunnah nabawi yang mempunyai efek pengobatan dalam pencegahan penyakit. Sebagai mana kita ketahui di dalam hidung merupakan tempat bakteri dan mikroba berkembang biak. Dengan demikian, jika melakukan hal ini secara rutin bisa mencegah terserang ISPA (Inspeksi Saluran Pernapasan Atas) dan TBC.

d). Membasuh Muka
Pada saat membasuh muka dapat membersihkan muka dari debu dan mikroba tercampur keringat yang menempel di muka. Selain itu, juga bermanfaat untuk membantu mencegah penuaan dini. Karena air wudhu memiliki kemampuan menetralisir zat-zat tertentu agar wajah bisa lebih segar dan cerah sekaligus mencegah penuan dini pada kulit atau kulit keriput.

e). Mengusap Kepala dan Rambut
Pada saat kita mengusap kepala dan rambut dapat membersihkan kepala dari debu bercampur keringat. Selain itu pengusapan ini dapat bermanfaat untuk menghindarkan bagian-bagian ini dari penyakit kulit kepala, bau kepala, menurunkan tekanan darah, dan juga dapat merelaksasi saraf-saraf otak.

f). Mengusap Telinga
Pada saat kita mengusap telinga dapat membersihkan telinga dari kotoran-kotoran yang berada di dalam telinga yang dapat melemahkan pendengaran kita dan mengganggu keseimbangan tubuh, karena bagian dalam telinga terdapat pusat keseimbangan tubuh. Selain itu dengan melakukan gerakan membasuh telinga ketika berwudhu juga bisa membantu menambah konsentrasi dan daya ingat seseorang karena pada area telinga ada titik – titik syaraf yang berhubungan dengan telinga kita.

g). Membasuh Tangan sampai Siku
Pada saat membasuh tangan sampai dengan siku dapat membersihkan debu dan mikroba yang bercampur keringan dipermukaan kulit tangan kita. Sebagai mana diketahui debu dan mikroba dapat berkembang biak di permukaan kulit kita yang dapat menimbulkan berbagai penyakit ditubuh kita.

h). Membasuh Kaki
Dalam wudhu ada gerakan membasuh kedua kaki yang bermanfaat untuk membersihkan kaki dari infeksi jamur dan kuman karena kaki sangat berpotensi terkena banyak kotoran. Jika kaki selalu bersih maka anda akan terbebas dari penyakit kulit seperti kanker kulit dan penyakit kulit lainnya dalam gerakan membasuh kedua kaki juga bisa membantu mencegah kejang otot pada kaki.

Intinya adalah seseorang yang tidur dalam keadaan suci, berwudhu, maka ia akan memperoleh posisi tinggi di sisi Allah. Masya Allah.

Demikianlah uraian tentang manfaat air wudhu bagi kesehatan dan kecantikan wajah. Semoga kita senantiasa selalu bersemangat untuk menjaga wudhu kita setiap saat agar termasuk dalam golongan orang-orang yang memperoleh posisi tinggi di sisi Allah SWT. (ab)

Prama Haditya Bayu Putra, mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta

0 komentar: