Bumdes Dongos Jepara Membuka Cemara Cafe -->
Cari Berita

Advertisement

Bumdes Dongos Jepara Membuka Cemara Cafe

WAWASANews.com
Senin, 14 Juni 2021
Download Ngaji Gus Baha

Buku Terjemah Daqaiqul Akhbar
bumdes desa dongos kedung jepara
Bangunan Cemara Cafe Bumdes Dongos. Foto: wawasanews.com.

WAWASANews.com - Bumdes Desa Dongos, Kedung, Jepara membuka unit usaha baru berupa angkringan. Lokasi usaha tersebut terletak di Rt. 02 Rw. 02, Dukuh Randu Lencer, Dongos, Kedung, Jepara.

Kafe dibuka secara resmi pada pada Sabtu, 5 Juni 2021. Kini, kafe tersebut selalu ramai dikunjungi oleh para penikmat kopi di Dongos dan sekitarnya. 

Menurut Arif Rahman Hakim, Ketua Bumdes Dongos, usaha baru ini didukung penuh oleh warga dan seluruh perangkat desa Dongos. 

"Awalnya banyak yang bertanya-tanya, buat apa membangun kafe di tanah bondo deso ini," terang Arif, Ahad (13/06/2021) malam, saat ia menjelaskan gagasan awalnya yang kala itu belum terealisasi. 

konsep ekonomi kreatif bumdes dongos jepara
Beberapa orang sedang asyik menikmati sajian di Cemara Cafe, di Dongos, Kedung, Jepara. Foto: wawasanews.com.

Sejak sepekan terakhir usai dibuka (mulai jam 3 sore hingga 3 malam), Kafe Bumdes Dongos sudah beromset lumayan. "Semalam bisa sampai 400 ribu. Ini berkat dukungan Petinggi Pak Sholeh juga," lanjutnya. 

Arif mengakui, meski disebut kafe tapi harga makanan dan minuman yang disajikan sangat murah. Konsepnya kafe tapi harga sajiannya ala angkringan. "Standar harganya angkringan lah. Misalnya, menu khusus Seblak dan Nasi Geprek kami patok 10 ribu. Sementara es teh Rp. 2.500 saja. Wifi juga kami sediakan gratis," imbuhnya. 


Menurut warga Dongos, kafe Bumdes desanya dianggap murah meriah dan tempatnya nyentrik, mengingat konsep bangunan utuhnya serba bambu serta ada fasilitas nobar (nonton bareng) bila ada event bola atau lainnya. 

Menu-menu makanan pun banyak yang disetor oleh ibu-ibu PKK. Artinya, kafe Bumdes Dongos melakukan fungsinya sebagai pusat pemberdayaan ekonomi masyarakat sekitar. 

Ke depan, rencananya, Kafe Cemara Bumdes akan pusat pemberdayaan ekonomi berbasis desa. Bumdes juga merencanakan unit usaha baru "Jaringan Internet" dan "Jual Beli Sembako Murah". Semuanya akan terpusat di lokasi Kafe Cemara Bumdes Dongos. 

Bila Anda ingin mengunjungi, silakan lecak lokasi maps berikut ini. [wn-ab]
\
Jual Kitab Kuning Pethuk

close
Jual Flashdisk Isi Ribuan Buku Islam PDF